Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Suryo

Pecinta Literasi, Penikmat Karya

Hadapi Pasar dengan Optimis: Kampung Kue Surabaya, Ayo Bangkit!

Diperbarui: 21 Januari 2023   18:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Oleh : Ayundha Evanthi, S.E., M.S.M.

Eksistensi Kampung Kue Rungkut Surabaya sejatinya telah lama diketahui masyarakat secara luas khususnya bagi mereka yang tinggal di wilayah Rungkut dan sekitarnya. 

Namun, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pandemi yang terjadi membuat sektor UMKM terdampak Pasalnya, mahalnya harga kebutuhan produksi kue meningkat tajam tanpa diiringi permintaan pasar yang tinggi.

Saat dikunjungi pada Minggu (3/7) yang lalu oleh Tim Pengabdian Masyarakat dari Kampus Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur, ketua kordinator paguyuban Kampung Kue yang akrab disapa Ibu Choirul menjelaskan jika “masa pandemi ini merupakan fase terberat bagi kami selaku pemilik UMKM di bidang kuliner tapi kita tidak boleh menyerah dengan keadaan”. 

Perlu diakui bahwasannya di masa pandemi hampir semua sektor perekonomian terdampak, namun UMKM harus mempunyai daya juang tinggi untuk menghadapi kondisi sulit tersebut.

Dokpri

Pada praktiknya, tidak ada satupun pengusaha yang mau merugi. Satu hal yang perlu ditekankan yakni siap tidak siap kita akan selalu menghadapi perubahan. UMKM membutuhkan pelatihan sebagai peningkatan kapasitas dan kapabilitas dalam mengembangkan usaha. 

Para pelaku usaha di Kampung Kue memegang peranan penting dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat baik sebagai partisipan aktif yaitu produsen maupun pemasar dan pengembang produk. 

Tim Pengabdian Masyarakat dari UPN Veteran Jawa Timur yang terdiri dari Ayundha Evanthi., S.E., M.S.M, Daisy Marthina Rosyanti., S.E., M.M dan Ratih Mukti Azhar., S.P., M.M selaku dosen serta Ilham Hardi dan Gerry Hutomo Orlando dari perwakilan mahasiswa, memberikan kegiatan pelatihan tentang kesadaran merek, nilai tambah produk serta pelatihan pemasaran digital untuk peningkatan penjualan melalui media sosial dan marketplace.

Peningkatan kesadaran merek oleh pelaku UMKM di Kampung Kue dalam upaya peningkatan daya saing produk mereka yang bernilai tambah dengan berfokus pada tampilan makanan yang menarik, keunikan makana serta kemasan makanan dalam upaya peningkatan nilai produk dan saran promosi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline