Lihat ke Halaman Asli

Keren! 4 Orang Mahasiswa UM Menciptakan Media Pembelajaran dengan Sistem Live Code dan Gamifikasi

Diperbarui: 21 Juni 2023   15:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BARQHA TEAM - DIVISI 1 ITDP (Dok. Pribadi)

MALANG - Empat orang mahasiswa dari Universitas Negeri Malang (UM) Departemen Teknik Elektro dan Informatika telah menciptakan sebuah produk, berupa website pendidikan berbasiskan pemrograman dengan nama CLearn.

Keempat mahasiswa ini sekarang sedang mengikuti lomba ajang bergengsi yaitu LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) 2023 yang diadakan oleh PUSPRESNAS (Pusat Prestasi Nasional) yang dinaungi langsung oleh Kemendikbud.

Keempat mahasiswa dibalik website ini yaitu Ayu Najmatus Zahiroh, Esa Pramudheva Maydi S, Fadhel Naufal Akbar, dan Mochammad Mu'iz Afdloly. Keempatnya hadir dengan dobrakan baru dalam dunia pendidikan melalui ranah teknologi.

Website yang bernamakan Clearn ini, merupakan sebuah website pendidikan dengan mengunggulkan fitur Live Code dan Gamifikasi. Live Code ini sangat membantu pengguna dalam melakukan pemrograman secara lansung dalam satu tempat, karena biasanya kegiatan pemrograman harus dibantu melalui aplikasi yang lain.

Tak hanya Live Code saja, Gamifikasi disini disajikan dalam bentuk game dengan tiga pilihan tampilan dan cara bermainnya yang berbeda-beda. Dengan misi yang sama, jadi didalam game nantinya akan diselipkan poin-poin materi yang telah dipelajari lalu ditanyakan kembali dengan beberapa pilihan soal jika bisa menyelesaikan gamenya kemudian diberikan sebuah reward.

"Keseluruhan bagus, ada live codingnya, latihan soal dalam bentuk teori, teorinya masuk, keterampilannya masuk, pengetahuannya juga masuk." terang salah satu guru SMKN Malang yang telah di wawancarai pada 14 Juni 2023.

Wawancara tak hanya dilakukan kepada guru saja, namun juga kepada peserta didiknya. Salah satu peserta didik yang telah mencoba website sempat dilontarkan sebuah pertanyaan yang kemudian mendapatkan jawaban sebagai berikut.

"Menarik kak untuk fiturnya, dari live code nya juga game nya. Karena kita bisa sambil belajar dan ilmunya bisa diambil dari situ."terang salah seorang peserta didiknya.

Dengan ucapan seorang guru dan salah satu peserta didik disana,  dengan ulasan menarik dan keseluruhan yang bagus. Membuat mereka yakin untuk maju dengan percaya diri bahwa akan meraih keberhasilan pada ajang lomba yang mereka ikuti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline