Lihat ke Halaman Asli

Analisis Tindak Tutur pada Media Sosial

Diperbarui: 24 Juni 2022   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ayum Yayah Sefia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka

Jln. KH Abdul Halim no. 103, Majalengka

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk menganalisis tindak tutur yang terdapat pada media sosial berupa status dan meme yang mengandung tindak tutur. Tindak tutur yang dianalisis yaitu lokusi, ilokusi dan perlokusi. 

Sumber penelitian ini adalah status dan meme yang terdapat pada berbagai media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simak, baca, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat banyak lokusi, ilokusi, dan perlokusi yang terdapat pada berbagai status dan meme yang tanpa kita sadari dapat dijadikan sumber penelitian untuk sebuah penelitian dalam bidang Pragmatik.

Kata kunci: tindak tutur, lokusi, ilokusi, perlokusi, Pragmatik.

PENDAHULUAN

Tindak tutur yaitu tindakan-tindakan yang ditampilkan lewat tuturan. Tindak tutur mengandung 3 tindak yang saling berhubungan. Pertama, tindak lokusi yang merupakan tindak dasar tuturan atau menghasilkan suatu ungkapan lingustik yang bermakna. 

Kedua, tindak illokusi yang ditampilkan melalui penekanan komunikasi suatu tuturan dengan maksud komunikatif untuk membuat suatu pernyataan, tawaran, penjelasan. 

Ketiga, tindak perlokusi yang secara tidak sederhana menciptakan tuturn yang memiliki fungsi tanpa memaksudkan tuturan itu memiliki akibat dengan maksud komunikatif untuk menerangkan suatu atau meminta pendengar untuk melakukan suatu tindakan yang kita tuturkan. Biasanya dikenal sebagai akibat perlokusi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline