Lihat ke Halaman Asli

Siswa SD Antusias Belajar Bahasa Jepang dalam Pengabdian Masyarakat FBD JANTRA UB

Diperbarui: 14 Agustus 2024   12:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok 50 FISIP-FIB Bakti Desa /dok. pri

Mahasiswa KKN FISIP-FIB Bakti Desa Universitas Brawijaya kelompok 50 memperkenalkan bahasa Jepang dalam program kerja praktik mengajar di SDN 02 Mentaraman. Pengajaran ini dilakukan oleh salah satu anggota kelompok 50 yang merupakan mahasiswi jurusan Sastra Jepang FIB UB. Adapun kelas yang mendapat pengajaran bahasa Jepang yaitu kelas tiga. Meskipun hanya satu kelas saja yang mendapat pembelajaran bahasa Jepang, antusias para siswa sangat baik. Mereka terlihat sangat siap untuk menerima materi. Hal tersebut dapat dilihat dari kesiapan siswa yang duduk rapi, menyiapkan alat tulis, dan banyak memberikan pertanyaan tentang materi bahasa Jepang. 

Materi yang disampaikan meliputi pengenalan huruf katakana, hiragana, kosakata dalam bahasa Jepang dan bagaimana cara perkenalan dalam bahasa Jepang. Pembelajaran dilakukan secara langsung dengan menggunakan papan tulis sebagai alat untuk menyampaikan materi. Pembelajaran ini tidak dilakukan secara konvensional yang mana hanya berpusat pada guru saja, akan tetapi dalam praktiknya siswa-siswi antusias untuk berdiskusi yang dipantik dari pertanyaan-pertanyaan siswa tersebut. 

Kelompok 50 FISIP-FIB Bakti Desa/dok. pri

Salah satu anggota kelompok 50 FBD JANTRA selaku pengajar bahasa Jepang tersebut mengungkapkan bahwa persiapan yang harus dikuasai sebagai seorang pengajar yaitu menguasai materi secara lebih mendalam agar tidak terjadi kebingungan ketika siswa bertanya mengenai materi lebih lanjut serta menerangkan materi lebih detail sehingga tidak terjadi kebingungan dalam diri siswa. 

“Ada sih palingan harus lebih banyak nguasain materinya karena pertanyaan mereka tuh di luar apa yang kita terangin dan supaya lebih enak aja bisa neragin ato ngajarin lebih detail dan gak buat bingung mereka. Sama satu lagi pengalaman biar bisa lebih top markotop lagi pas mengajar,” jelasnya dalam wawancara online, Minggu (11/08/2024).

Harapan dari pengajaran bahasa Jepang ini yaitu dapat memicu minat siswa untuk belajar lebih lanjut dan memperluas wawasan mereka mengenai bahasa asing. Melalui pembelajaran yang menyenangkan dan diskusi interaktif semoga ilmu yang telah disampaikan bermanfaat untuk siswa-siswi SDN 02 Mentaraman. 

Kelompok 50 FISIP-FIB Bakti Desa/dok. pri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline