Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Kelompok 89 UIN Walisongo Semarang Observasi di Rumah Produksi Pembuatan Tas Anyam Jali-Jali

Diperbarui: 21 November 2021   08:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Diketahui perkembangan perekonomian dunia usaha mengalami peningkatan. Hal itulah yang menjadi alasan untuk sektor-sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal, berinovasi untuk dapat berkompetitif melawan produk impor. Salah satunya yang dilakukan  Ibu Suparmi ini sebagai rumah produksi pembuatan tas anyam jali-jali.

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang melakukan survei dirumah produksi pembuatan tas anyam jali-jali Ibu Suparmi. Pada mulanya produksi tas yang dihasilkan ini hanya tas anyam biasa tetapi sekarang ada variasi model tas seperti tas jaman sekarang tetapi terbuat dari bahan anyam.

Rumah produksi ini dirintis sejak pertengahan 2019. Ibu Suparmi menyampaikan bahwa mulanya berpartisipasi dalam rumah produksi ini sendiri tetapi sekarang banyak dari ibu-ibu rumah tangga sekitar bahkan luar daerah juga ikut berpartisipasi membuat tas anyam jali-jali yang nantinya distorkan dirumah produksi Ibu Suparmi untuk di teliti sebelum di storkan di perusahaan dan kemudian di pasrakan.

Pada pelaksanaannya meliputi proses produksi, packing serta proses pemasaran. Produksi ini dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya pemotongan bahan, percetakan, dan pengannyaman. Adapun bahan ini didatangkan langsung dari perusahaan.

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

"Untuk pemasaran produk ini utamanya distorkan di luar kota seperti Jakarta pusat, Jogja, Ponorogo. Selain itu juga pemasarannya juga di ekspor ke luar neger seperti Jepang dan Cina dan kemudian bahan yang diperoleh adalah bahan yang sudah disiapkan dari perusahaan kemudian dikirim di rumah produksi untuk di potong-potog dan nantinya akan di berikan kepada para pengrajin tas anyam jali-jali. " Ungkap Ibu Suparmi

Keuntungan yang didapat dihitung dari per potong bahan dan per tas. Sampai saat ini rumah ibu suparmi sebagai rumah produksi pembuatan tas anyam jali-jali. Capaian dan inovasi tersebut memberi harapan terbukanya lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu rumah tangga sekitar desa Karangwotan dan daerah sekitarnya, serta dapat meningkatkan perekonomian dan mendongkrak semangat pegiat usaha yang lainnya. Sehingga harapanya usaha pembuatan tas anyam jali-jali ini kedepannya semakin berkembang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline