Nama : Ayu Halimah
NIM : 24051011
Prodi : DIII Keperawatan (Institut Kesehatan Hermina)
Mengatur Waktu Agar Kehidupan Sehari-hari Lebih Produktif
Waktu produktif adalah periode waktu di mana seseorang dapat bekerja atau belajar secara optimal dan efisien. Ini adalah saat di mana kita merasa paling fokus, energi kita memuncak, dan kita dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan hasil yang maksimal.
Pengaruh literasi digital terhadap produktivitas, secara umum semakin tinggi literasi digital seseorang, semakin produktif mereka dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pelerjaan dan studi.(Widyastuti dkk., 2016)
Secara tidak langsung, pengelolaan zakat yang efektif dapat berkontribusi pada peningkatan produktivitas waktu. Dengan menyalurkan zakat produktif, orang yang menerima zakat dapat meningkatkan pendapat mereka.(Fitri, 2017).
Cara memanajemen waktu di masa lansia sama pentingnya dengan usia muda. Dengan perencanaan yang baik, lansia dapat menjalani hari-hari dengan lebih produktif, Bahagia, dan sehat. (Putra dkk., 2021).
Hasil penelitian penelitian Kholisa, (2012), Mamahit, (2019). Manajemen waktu berkorelasi dengan prestasi kinerja dosen dan manajemen waktu berpengaruh prestasi belajar mata kuliah akuntansi. Hasil penelitian minat baca (Hidayah, 2018). Secara parsialada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar. terdapat korelasi positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus (Kusmaladewi dkk., 2022).
Manajemen waktu sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia Pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan pribadi. (Fitriya & Mastur, 2024)
Tujuan motivasi jangka Panjang memanajemen waktu misalnya, menyeleaikan sebuah proyek besar, menurunkan berat badan, atau belajar Bahasa baru. Tujuan jangka Panjang memberikan arah dan motivasi yang lebih besar. (Eudya et al., 2021)
Keterampilan dalam mengelola waktu adalah bagaimana kita meluangkan waktu untuk memprioritaskan dan mencapai beberapa tujuan kehidupan serta menghasilkan kesejahteraan. Hal ini merupakan proses untuk menyusun dan mencapai tujuan, memperkirakan waktu dan sumber-sumber waktu yang dibutuhkan untuk mencapai masing-masing tujuan dan mendisiplinkan diri sendiri memfokuskan pada tujuan. Selain itu, manjemen waktu dapat mengurangi tingkat stress. (MEILISA SYELVIANI, 2020)