Lihat ke Halaman Asli

Gladista Ayu

Universitas Brawijaya

Kenalan dengan Search Intent, Elemen Penting yang Wajib Diketahui Para Blogger!

Diperbarui: 22 Januari 2023   23:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Jika ingin mencari sesuatu, seseorang tentunya akan mengetikkan sebuah kata kunci di platform online seperti Google. Search intent juga perlu untuk dipahami dan memudahkan dalam membuat artikel agar dapat mengoptimalisasi penggunaan SEO (Search Engine Optimization). Memahami search intent bertujuan agar website atau artikel yang telah dikerjakan muncul paling atas dalam SERP (Search Engine Result Page).

Pengertian Search Intent

Search intent (dapat disebut maksud dan tujuan pencarian) adalah tujuan seseorang pada saat ingin mencari sesuatu pada kolom pencarian, entah itu mencari sebuah informasi atau berbelanja. Saat ini, search intent merupakan salah satu hal penting semenjak Google menomor satukan hasil pencarian konten atau artikel yang paling sesuai pada kata kunci (keyword).

Maka dari itu, seorang blogger harus bisa membuat sebuah tulisan atau topik yang sesuai jika ada orang yang mencari informasi menggunakan kata kunci. Berdasarkan penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa kesesuaian sebuah topik adalah hal yang sangat penting pada SEO.

Sebagai contoh, jika kita mencari pada kolom pencarian dengan menggunakan keyword “album K-Pop”, hasil yang akan diberikan oleh mesin pencarian adalah daftar hingga E-commerce yang sedang menjual album K-Pop dari berbagai macam grup.

Hasil yang diberikan oleh mesin pencarian tentunya tidak akan melenceng dari apa yang sudah diketikkan. Jadi, tidak akan ditemukan hal yang tidak sesuai.

Jenis Search Intent

Ada 4 jenis search intent yang dapat dipelajari, antara lain:

  • Informational

Jenis ini merupakan jenis yang sering dicari oleh sebagian orang. Pencarian yang dilakukan bertujuan untuk mencari dan mengetahui sesuatu. Kebanyakan mencari dengan kata kunci bagaimana, cara, tips, panduan, dan lain sebagainya untuk mendapatkan sebuah informasi yang detail pada kolom pencarian.

  • Navigational

Beberapa orang kadang lupa dengan alamat website yang pernah dikunjungi. Jika ingin membaca artikel atau konten dari website sebelumnya, orang akan cenderung menggunakan kolom pencarian untuk mencari websitenya. Kata kunci yang dipakai bisa berupa login, daftar, dan lainnya.

  • Transactional

Jenis yang ketiga merupakan yang akhir-akhir ini ramai di masyarakat. Orang-orang menggunakan kolom pencarian untuk mencari produk atau brand, entah sekadar mencari atau membelinya. Kata kunci yang sering digunakan seperti jual, beli, murah, dan sebagainya.

  • Commercial Investigation

Jenis yang terakhir yakni menggunakan kata kunci harga, review, biaya, tarif, dan lain-lain guna mengetahui harga atau membuat perbandingan sebuah produk atau layanan  namun belum memiliki keputusan, sehingga mereka mengetikkan beberapa kata kunci di atas pada kolom pencarian.

Optimalisasi Penggunaan Search Intent

Salah satu cara agar dapat menggunakan search intent dengan optimal yaitu membuat blog atau artikel yang hanya memiliki 1 tema dan tidak bercampur dengan konten lain. Beberapa cara lain yang dapat dilakukan agar lebih optimal:

  • Pengoptimalan berdasarkan jenisnya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline