Lihat ke Halaman Asli

KKNMITPOSKO39

Mahasiswa aktif dalam berorganisasi

Semarak Bari'an: Mahasiswa KKN UIN Walisongo Turut Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam di Desa Pesawahan

Diperbarui: 6 Juli 2024   23:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana Bari'an Desa Pesawahan 

Kendal- Anggota KKN MIT 18 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang posko 39 turut memeriahkan tradisi bari'an di Desa Pesawahan. Acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu, (06/07/2024).

Tradisi ini dilaksanakan satu tahun sekali di setiap malam pergantian tahun baru hijriah. Kegiatan ini berisikan tahlil, doa bersama, mauidhoh Hasanah dan ditutup dengan makan bersama. Hidangan pada acara penutup berasal dari makanan yang sudah disiapkan setiap keluarga yang digabungkan pada satu nampan besar. 

Tradisi ini merupakan ajang mempererat tali silaturahmi antar warga. Selain itu, acara ini juga menjadi momen untuk saling bersedekah. 

Roziqu selaku ketua RW menyampaikan bahwa sudah menjadi kebiasaan warga sekitar untuk saling membantu dalam memperingati tahun baru Islam 

"pada momen ini kita bisa kumpul dan saling bersedekah, jadi ya warga itu sama sama senang" tuturnya ketika diwawancara anggota KKN MIT 18 Posko 39 UIN Walisongo.

Roziqu juga menyampaikan sambutan hangat serta ucapan terima kasihnya kepada mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan warga setempat. 

"Ya Alhamdulillah itu anak-anakku semuanya bisa ikut serta dalam kegiatan bari'an ini, saya sangat berterima kasih banyak atas bantuannya" imbuhnya

Selain itu salah satu warga lokal juga menyampaikan rasa syukur atas kedatangan mahasiswa KKN MIT 18 posko 39 karena telah membantu kegiatan warga setempat.

"Saya itu ya sangat bersyukur, soalnya kalau ada anak KKN kegiatan di sini jadi ramai seperti sekarang ini, saya jadi seneng rasanya," ujarnya

Roziqu juga berharap hubungan kekeluargaan antara anggota KKN dan masyarakat Desa Pesawahan tidak hanya sebatas pada waktu penugasan saja tetapi bisa lebih dari itu 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline