Lihat ke Halaman Asli

Psikologi: Ubah Stress Menjadi Motivasi dalam Bekerja

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Ubah Stres Menjadi Motivasi Dalam Bekerja

Stres? Pusing? Tidak tahu bagaimana cara mendapatkan solusi atau jalan keluar atas masalah yang dihadapi dalam bekerja? Jadikan kesulitan ini menjadi motivasi dalam bekerja. Apa bisa? Perhatikan solusi berikut :

1. Prioritaskan yang pertama dan terpenting

Jika ada beban berat dalam menangani satu proyek yang sangat penting, satu hal yang paling bisa dilakukan pertama kali adalah tarik napas dan tenangkan diri. Fokuskan ke tugas yang menjadi prioritas.

2. Tetap terorganisir

Buatlah agenda agar sesuai dengan tugas yang harus dikerjakan. Karena dengan mengetahui target dengan jelas, maka akan dapat diketahui bagaimana cara membuat suatu perencanaan.

3. Komunikasi

Bersiaplah menemui hal – hal yang dinamakan dengan kendala. Kemudian sampaikan kendala tersebut kepada yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. Jangan disimpan karena tidak akan pernah dapatkan solusi dan menambah kendala-kendala baru.

4. Banyak bergaul

Jalinlah kerjasama serta pertemanan dengan rekan kerja dari divisi lain, maka hal tersebut akan sangat berguna untuk melancarkan pekerjaan. Contoh, luangkan waktu untuk makan siang bersama atau pulang bareng sepulang kerja untuk menjalin kekompakkan.

5. Delegasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline