Lihat ke Halaman Asli

Dyah Ayu Wulandari

Mahasiswi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA

Pelaksanaan Program Asistensi Mengajar oleh Mahasiswi Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA di SMP-SMA Saintek UHAMKA Boarding School

Diperbarui: 18 Januari 2022   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka menjadi salah satu perguruan tinggi yang mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu program MBKM yang terlaksana di program studi pendidikan matematika ini adalah asistensi mengajar. Dua orang mahasiswi pendidikan matematika, yaitu Dyah Ayu Wulandari dan Salaamah Nur Mujahidah telah selesai melaksanakan program asistensi mengajar di SMP-SMA SAINTEK UHAMKA Boarding School. SMP-SMA SAINTEK UHAMKA Boarding School berlokasi di Jalan Raya Menteng, Kampung Kadupandak, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Program asistensi mengajar ini dimulai pada tanggal 27 September 2021 dan berakhir pada tanggal 17 Januari 2022.

Program asistensi mengajar ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan, menjadi sarana implementasi pengetahuan yang telah diperoleh selama di perkuliahan, dan untuk menambah wawasan dan kecakapan pedagogik mahasiswa.

Selama program ini berjalan, kami dibimbing oleh Bapak Subhan Ajiz Awalludin, S.Pd., M.Sc., selaku dosen pembimbing lapangan dan Ibu Jeani Alfirahmadita, S.Pd., selaku guru pamong. Program asistensi mengajar ini berupa pelaksanaan kegiatan mengajar di kelas yang dilakukan oleh mahasiswa. Namun, kami tidak hanya berkontribusi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas melainkan juga ikut berkontribusi dalam kegiatan lain yang dilaksanakan di sekolah. Kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan lain di SMP-SMA SAINTEK UHAMKA Boarding School ini sudah dilakukan 100% offline.

Selama pelaksanaan program ini, kami mendapat banyak pengetahuan tambahan, seperti terkait dengan hal-hal yang dibutuhkan guru untuk mengajar selama 1 (satu) tahun. Mahasiswa belajar mengenai kebutuhan administrasi guru salah satunya adalah buku kerja guru 2 yang berisi analisis SKL, IKI dan KD ; Silabus ; Penetapan KKM dan KBM ; Kalender Pendidikan ; Alokasi Waktu ; Jadwal Mengajar; Program Tahunan ; Program Semester dan RPP. Selain itu kami dan guru-guru disana juga saling berbagi pengalaman saat menghadapi siswa di kelas maupun di luar jam pelajaran. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kami yang mana akan menjadi calon guru kedepannya. Banyak informasi-informasi lain yang kami dapatkan selama melaksanakan program asistensi mengajar ini. Kami merasa sangat terbantu dengan adanya program asistensi mengajar ini karena banyak hal yang kami dapatkan setelah melakukan program ini yang tentunya tidak kami dapatkan di kelas.

Pihak SMP-SMA SAINTEK UHAMKA Boarding School sangat merasa terbantu dengan adanya program MBKM asistensi mengajar ini. "Saya selaku guru matematika di sekolah ini merasa sangat terbantu dengan adanya program asistensi mengajar ini karena memang disini masih dikatakan kurang untuk tenaga pendidikannya, jadi dengan adanya mahasiswa yang ikut berkontribusi dalam kegiatan mengajar di kelas seperti ini sangat-sangat membantu bagi saya" ucap Ibu Jeani.

Dengan adanya program asistensi mengajar ini, mahasiswa mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman baru serta berbagai sudut pandang sebagai pendidik yang baik demi menghasilkan generasi bangsa selanjutnya. Mahasiswa juga dapat berperan aktif terlibat dalam setiap kegiatan sekolah. Harapannya semoga program asistensi mengajar ini dapat terus dilanjutkan sehingga mahasiswa tahun berikutnya dapat merasakan pengalaman mengajar langsung di sekolah, mengenal lingkungan persekolahan, terlibat aktif dalam setiap kegiatan sekolah dan menjadikan mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup sebagai persiapan menjadi guru profesional di masa yang akan datang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline