Lihat ke Halaman Asli

Sistem Informasi Berbasis Komputer

Diperbarui: 16 April 2016   08:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Informasi adalah suatu ilmu atau pengetahuan yang bisa diperoleh dalam kehidupan kita sehari-hari dengan melalui panca indera, sosial media ataupun dari alam kita sendiri. Informasi juga diolah oleh komponen yaitu komputer, dimana komputer adalah suatu alat untuk mengelolah data agar menjadi onformasi yang baik dan benar. Aplikasi utama komputer adalah pengolahan data akuntansi. Aplikasi tersebut lalu diikuti oleh empat aplikasi lain seperti sistem informasi menejemen, sistem pendukung keputusan dan sistem berbasis komputer atau CBIS (Computer Bassed Information System).

Menejemen informasi juga mengolah usaha dengan mengamati aktiva berwujudnya barang dagangan, ruangan dan aruus pelanggan. Menejer menggunakan banyak laporan atau tampilan informasi untuk mencerminkan kondisi fisik perusahaan dan para eksekutif atau para menejer yang paling berharga. Dimana semua perusahaan sangat membutuhkan sistem informasi apalagi yang berbasis komputer, maka dengan aplikasi tersebut suatu perusahaan dapan terus maju. Jenis-jenis sumber daya yang paling utama dikelola oleh menejer adalah manusia, material, mesin, uang, dan informasi.

Di dalam informasi juga terdapat sistem dimana sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan yang ditentukan oleh pemilik atau menejemen. Pada sistem informasi berbasis komputer usaha awal untuk menerapkan komputer dalam bidang bisnis terfokus munculnya penekanan pada informasi dan pendukung keputusan. Sekarang komunikasi dan konsultasi mendapat perhatian yang paling besar. Di dalam komputer terdapat juga sebuah data. Dimana data tersebut akan diolah menjadi data yang benar-benar nyata.

Dalam sebuah perusahaan menejer membuat keputusan untuk memecahkan masalah. Dan informasi juga dapat digunakan dalam membuat keputusan. Informasi disajikan dalam bentuk lisan maupun tertulis oleh pengelola informasi. Porsi komputer dalam mengelola informasi terdiri dari aplikasi berbasis komputer yaitu ada SIA, SIM, DSS, dan CBIS. Semua CBIS menyediakan informasi untuk memecahkan masalah. Terhapat tahap-tahapnya yaitu dengan menggunakan sistem perencanaan, analisis, rancangan, penerapan, dan penggunaan.

Dalam mengelola CBIS ditugaskan kepada menejer karena menejer ini yang menjadi unit organisional dimana komputer tersebut diterapkan dan dapat ditempatkan di suatu perusahaan. maka yang terpenting dalam suatu perusahaan adalah CBIS, dimana CBIS ini sangat berfungsi dan bisa menjadikan perusahaan lebih maju dan jika memanfaatkan CBIS ini harus dengan baik dang bertanggungjawab.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline