Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT ke 16 POSKO 48

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Posko 48 KKN UIN Walisongo Melaksanakan Sosialisasi Digital Marketing Bersama PKK Desa Sudipayung

Diperbarui: 28 Agustus 2023   21:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudipayung, 15 Juli 2023 Mahasiswa Kuliah kerja Nyata UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan dengan mengusung tema "Sosialiasi Digital Marketing Untuk UMKM" yang diselenggarakan di Balai Desa Sudipayung, Kec. Ngampel, Kab. Kendal.

Sosialisasi Digital Marketing untuk UMKM ini merupakan salah satu program kerja utama, yaitu mengenai branding UMKM yang ada di Desa Sudipayung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mindset para pelaku UMKM guna memperkenalkan secara luas produk-produk UMKM yang ada di Desa Sudipayung dengan menggunakan media sosial.

Kegiatan sosialiasai digital marketing untuk UMKM ini di hadiri oleh Ibu Kepala Desa Sudipayung serta para ibu PKK dengan materi yang disampaikan oleh tim KKN POSKO 48 UIN walisongo Semarang. Materi yang disampaikan meliputi target pasar, strategi pemasaran digital, pengaplikasi pemasaran digital, dll. Adapun setelah pemaparan materi tersebut Mahasiswa memberi contoh cara membuat produk UMKM nya serta mengaplikasikan Aplikasi Digital Marketing yang terdapat di Smartphone.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, UMKM harus mampu beradaptasi untuk mengembangkan bisnisnya, terutama menggunakan pemasaran digital seperti media sosial dalam pemasaran UMKM. Sosialisasi dilakukan kepada ibu-ibu PKK di desa Sudipayung yang masih jarang menggunakan media sosial, media digital atau e-commerce karena belum memahami pelaku UMKM. Selama ini mereka hanya mengandalkan word of mouth dari pelanggan  untuk mempromosikan produknya, sehingga sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pelaku UMKM di desa Sudipayung tentang teknik pemasaran produk di media sosial yang dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan serta efektivitas waktu dan biaya.

Setelah pemaparan materi interaktif, dibuka sesi tanya jawab. Tim kami aktif menjawab pertanyaan ibu-ibu PKK tentang implementasi aplikasi digital marketing atau pembuatan media sosial terkait jual beli. Sekaligus kami konfirmasi ke masing-masing peserta media sosial mana yang mereka gunakan untuk beriklan dan memberikan arahan untuk selalu konsisten dalam beriklan di media sosial.

Kegiatan sosialisasi digital marketing untuk UMKM ditutup dengan harapan agar peserta selaku pelaku UMKM dapat mengetahui pentingnya pemasaran produk secara digital, sehingga mereka mampu memperluas pasar produknya dan semoga dengan adanya kegiatan ini ke depan akan semakin dapat mendorong UMKM lebih maju.

                                                                                                                         

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline