Lihat ke Halaman Asli

Ayudia Cinta Mayrawanda

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Psikologi

Pentingnya Self Love

Diperbarui: 19 September 2022   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENTINGNYA SELF LOVE

Nama:  Ayudia Cinta Mayrawanda

NIM: 202210230311150

Mencintai atau menerima diri sendiri ialah kemampuan individu untuk menerima kekurangan dan kelebihan didalam dirinya sendiri yang ditandai dengan kepercayaan dan juga kebanggaan. Saat ini banyak sekali para remaja ataupun masyarakat luas yang kurang mencintai dirinya sendiri,yang malu akan kekurangan dan merasa kurang dalam segala hal atau lebih tepatnya sering disebut dengan insecure

Hal tersebut dapat terjadi karena ada beberapa faktor ataupun sebab yang mempengaruhi,salah satunya adalah tindakkan bullying. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan bahwa dari tahun 2011 hingga 2016 terdapat 253 kasus bullying yang terdiri dari 122 anak sebagai korban dan 131 anak sebagai pelaku.

Bullying merupakan suatu kegiatan yang tidak menyenangkan dari pelaku terhadap korban yang terjadi berulang kali. Seseorang yang melakukan tindakan bullying memiliki sifat agresif dengan niat untuk menyakiti korban tersebut baik secara fisik maupun secara emosional yang dapat menganggu kesehatan fisik maupun emosional pada korban. 

Dampak yang terjadi pada bullying memang tidak begitu tampak tetapi memiliki efek dengan jangka waktu yang panjang yaitu menurunnya kesejahteraan psikologis (Physcological well-Being) dan penyesuaian sosial yang buruk. Korban bullying pada awalnya akan merasakan banyak emosi negatif seperti marah, kesal, takut, malu, sedih, dendam, tertekan, tidak nyaman, dan terancam namun mereka tidak berdaya menghadapinya.

Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja tanpa adanya tindakkan apa pun akan menyebabkan si korban dari pelaku bullying merasa rendah diri dan menganggap bahwa dirinya sudah tidak berharga lagi. Hingga mereka rasa cinta terhadap dirinya sendiri seiring berjalannya waktu hilang karena hal tersebut. Oleh karena itu sangatlah penting menerapkan metode self love atau sering di sebut dengan mencintai diri sendiri kepada korban-korban bullying agar mereka bisa bangkit dari rasa terpuruknya dan dapat bangkit menjadi pribadi yang lebih baik dan juga lebih kuat.

Selain dari bullying banyak sekali kalangan remaja saat ini khususnya ialah seorang perempuan yang sering merasa insecure malu dengan kekurangan pada tubuhnya,wajah,warna kulit dan lain sebagainya. Hingga mereka merasa iri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain dan selalu membanding-bandingkan. 

Hal ini membuat kalangan para remaja terlebih kepada perempuan menjadi tidak percaya diri dengan apa yang dimilikinya. Padahal mencintai diri sendiri itu ialah hal yang sangat penting dalam kehidupan diri sendiri. Namun masih banyak remaja yang masih tidak merasa bahagia dengan apa yang dimilikinya. Sehingga rasa kepercayaan dan mencintai dirinya sendiri pun hilang. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar lebih mencintai diri kita sendiri antara lain yaitu:

Yang pertama Mengenali dan menerima diri sendiri,Mengenali dan menerima diri sendiri adalah langkah awal untuk mencintai diri sendiri belajar untuk menerima kekurangan pada diri sendiri dan memaafkan segala sesuatu yang menyakitkan pada masa lalu. Jika kita sudah bisa berdamai dan juga menerima diri sendiri maka pikiran akan menjadi lebih positif dan hidup menjadi lebih tenang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline