Lihat ke Halaman Asli

Apa Itu Landing Page Facebook, Mengoptimalkan Konversi dari Iklan Anda

Diperbarui: 21 Agustus 2023   14:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Di dunia pemasaran digital ini membuat iklan yang menarik hanyalah setengah dari perjuangan. Yang terpenting adalah dapat mengarahkan pengguna yang tertarik dengan iklan Anda ke halaman yang relevan dan efektif yang memicu tindakan yang Anda inginkan. Di sinilah halaman arahan Facebook memainkan peran penting. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu landing page Facebook, mengapa itu penting, dan bagaimana  mengoptimalkan konversi melaluinya.

Alasan Menggunakan Landing Page Facebook

Facebook. Bahkan, pengguna Facebook di Indonesia menempati urutan ke-2 di dunia dengan total 142,5 juta orang! Dengan banyaknya pengguna, Anda bisa memaksimalkan pemasaran UMKM ke banyak orang melalui Facebook.

Selain menawarkan format pemasaran biasa seperti unggahan gambar dan video, atau fitur promosi seperti korsel dan iklan koleksi, di Facebook Anda juga dapat membuat halaman arahan gratis dan cukup mudah dibuat. 

Menggunakan halaman arahan Facebook sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki situs web. Alasan lain kenapa Anda harus menggunakan landing page Facebook adalah karena Facebook Canvas sudah mobile-friendly. Perlu anda ketahui bahwa masyarakat diIndonesia  suka mengakses segala bentuk informasi melalui perangkat mobile.

Manfaat Landing Page Facebook

Selain gratis, halaman arahan Facebook  memiliki tiga manfaat yang dapat Anda periksa. Berikut adalah tiga manfaat halaman arahan Facebook.

1. Dapat menarik perhatian pengunjung

Halaman arahan Facebook cocok untuk meningkatkan kesadaran merek, di mana Anda dapat memamerkan produk unggulan Anda kepada pengunjung Anda dengan menyisipkan desain yang menarik dan menulis iklan. Dengan begitu, pengunjung dapat dengan mudah memahami dan mempelajari produk yang Anda tawarkan.

2. Memungkinkan pengunjung untuk segera mengambil tindakan (konversi)

Mayoritas pengunjung cenderung tetap berada di halaman arahan setelah  mengklik iklan yang muncul di Facebook. Artinya pengunjung juga sangat tertarik dengan iklan yang Anda pasangkan. Alih-alih membingungkan mereka  dengan berbagai pilihan di website atau toko online Anda, landing pagejuga  justru bisa memudahkan pengunjung untuk  melakukan konversi secara instan.

3. Menjalin komunikasi di dalam dan di luar Facebook

Terlibat secara aktif dengan pembeli dan calon pembeli di profil Facebook adalah upaya yang bagus untuk membangun  komunitas. Tetapi bagaimana jika akun Facebook Anda diretas? Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan landing page sebagai cara untuk mengumpulkan informasi pengunjung.  Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk melakukan promosi dan berinteraksi melalui Whatsapp atau email.

Poin penting dalam membuat halaman arahan Facebook yang menarik

Perlu Anda ketahui bahwa landing page yang baik memiliki beberapa poin penting yang dapat menentukan apakah landing page Anda menarik bagi pengunjung atau tidak. Poin-poin ini meliputi.

1. Kesederhanaan

Tampilan pada halaman arahan harus tetap sederhana. Kesederhanaan di sini harus mencakup desain, copywriting, dan visual. Karena jika berlebihan bisa mengganggu calon pembeli. 

Gunakan fitur sesedikit mungkin di halaman arahan Anda agar pengunjung tetap fokus pada produk yang Anda tawarkan.Anda perlu menentukan pedoman merek atau etos perusahaan Anda karena keduanya adalah dasar untuk menentukan gaya desain halaman arahan Facebook Anda.

2. Jelas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline