Lihat ke Halaman Asli

Ayu Diah Pitaloka

Ayu Diah Pitaloka

Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 14 Mei 2020   09:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

1. Pengertian Filsafat Pendidikan Perenialisme

Aliran filsafat perenialisme lahir pada abad ke-90. Dalam kata Perenialisme dapat di katakan sebagai perenial yang artinya yaitu abadi, kekal, dan tiada akhir. Dalam filsafat pendidikan perenialisme yaitu dipandang sebagai jalannya kembali maksudnya pengembalian manusia pada masa awal, dahulu, atau lampau perenialisme memiliki empat macam pembelajaran di mana 4 pelajaran itu telah dimiliki manusia di antaranya yaitu yang pertama, kebenaran yang memiliki sifat universal yang kedua, pendidikan yang baik ketiga, pendidikan dapat ditemukan dalam karya yang agung keempat, pendidikan liberal.

2. Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan

a) Robert Maynard Hutchins

Robert lahir pada tanggal 11 Januari 1899 dan wafat pada tanggal 14 Mei 1977. Menurutnya pendidikan harus disertai dengan kecerdasan dan pengembangan harmoni dari semua daya manusia dan beliau menggambarkan pendidikan yang ideal itu adalah pendidikan yang intelektual.

Robert mendasar pada premis bahwa hakikat manusia itu rasional, menurutnya pendidikan harusnya memiliki sifat yang universal. Beliau menganjurkan studi yang terjadi pada warisan-warisan klasik atau karya besar orang barat 

b) Ortimer Adler

Beliau lahir tanggal 28 Desember 1902 dan wafat pada tanggal 28 Juni 2001. Menurutnya makhluk rasional memiliki kemampuan yang intelektual yang di jadikan sebagai subyek aktif dalam pendidikan dan  dapat bertindak sebagai seni contohnya yaitu  menulis, mendengar, dan lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline