Lihat ke Halaman Asli

Ayu Diah Pitaloka

Ayu Diah Pitaloka

Pengertian Filsafat Pendidikan Esensialisme dan Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 10 Mei 2020   06:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

1. Pengertian Esensialisme

Filsafat pendidikan esensialisme adalah bahasa yang berasal dari Inggris yaitu essential yang artinya sebuah inti atau pokok dari sesuatu sedangkan isme yaitu aliran atau mazhab. 

dalam filsafat pendidikan esensialisme yaitu aliran filsafat yang menginginkan manusia itu kembali pada kebudayaan yang lama karena mereka berpendapat bahwasanya kebudayaan yang lama itu sudah banyak memberikan kebaikan pada umat manusia filsafat esensialisme ini pada intinya berpikiran filsafat pendidikan bermaksud pada nilai-nilai kebudayaan.

2. Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Esensialismea

a William c. Bagley

Pada tokoh oh ini memiliki empat abad poin yaitu diantaranya yang pertama, minat yang kuat dan juga tahan lama yang kedua, pengawasan pengarahan dan juga pembimbingan orang yang belum dewasa yang ketiga, disiplin itu harus menjadi tujuan dari suatu pendidikan yang ke empat, esensialisme menawarkan pendidikan yang kuat sedangkan pada sekolah memberikan suatu kelemahan.

b) William c. Bagley, Thomas Briggs, Frederick Breed, dan Islac L. Kandell.

Mereka kemudian membuat lembaga, dan kemudian mereka menyimpulkan bahwa sannya sejarah itu menyampaikan warisan kebudayaan dan sejarah sejarah generasi muda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline