LAPORAN BEST PRACTICE
PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN
Tahun 2022
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA PUZZLE ANGKA DI TK ISLAM TERPADU CENDEKIA LAMONGAN KELOMPOK A TAHUN AJARAN 2019/2020
Disusun Oleh :
Nama: Ayu Clarasaty Putri Wahyudi, S.Pd
No UKG: 201901185457
TK ISLAM TERPADU CENDEKIA LAMONGAN
DESEMBER 2019
- BAB I
- PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
- Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk di perhatikan oleh setiap negara karena anak merupakan generasi penerus bagi masa depan bangsa (Fauziddin, 2018; Jazariyah, 2017). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan awal pada setiap anak atau individu dalam mengenyam pendidikan formal(Cahyani & Suyadi, Pengembangan Media Pembelajaran Puzzel Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Kelompok B4172018; Darnoto, 2016; Hermawati et al., 2018). Salah satu pelajaran yang penting adalah matematika, pembelajaran matematika bagi anak yang diberikan sedari dini akan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan logika matematika pada setiap anak atau individu, karena berhitung dalam matematika sering kali dijumpai maupun digunakan dalam kehidupan sehari-hari (Achmad Achmad & Irmansyah, 2011; Basri, 2018). Dengan demikian perlu adanya pengenalan angka dan lambang bilangan sejak usia dini, agar setiap anak atau individu memiliki kemampuan maupun kesiapan dalam mengenal lambang bilangan untuk berhitung (Nayazik et al., 2019; Nur, 2020). Untuk mencapai tujuan tersebut maka dibutuhkan sebuah pembelajaran yang bisa mengaktifkanproses pembelajaran dan meningkatkan kognitif anak.
- Berdasarkan penjelasan diatas dan berdasarkan hasil pengamatan yang dilaksanakan di kelompok A TK Islam Terpadu Cendekia Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan terdapat 8 dari 17 anak, memiliki permasalahan dalam mengenal konsep angka.
- Berdasarkan uraian diatas, diasumsikan bahwa kegiatan pembelajaran yang sering digunakan guru di TK Islam Terpadu Cendekia Lamongan lebih sering menggunakan LKA atau menggunakan metode ceramah, karena anak sulit memahami materi yang telah disampaikan guru, sehingga tujuan pembelajaran kurang tersampaikan secara optimal. Untuk meningkatkan hasil pembelajaran perlu adanya perbaikan pada kegiatan pembelajaran yang bersifat menyenangkan bagi anak dengan menggunakan media benda konkrit yaitu puzzle angka.
- Menurut Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan, Ni Made Devi Intan Asri, Vol 3 No 3 November (2020), DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331. Penggunaan media puzzle akan melatih anak untuk dapat melatih daya ingat, belajar sambil bermain, mengenal bentuk lambang bilangan dan dapat melatih daya fikir anak dalam menyusun kepingan-kepingan puzzle (Husna, 2017). Melalui penggunaan media puzzle angka diharapkan anak dapat lebih mengenal lambang bilangan, mengurutkan angka dengan benar dan anak mampu berhitung sesuai dengan urutan angka (Gandana, 2017).
- Dalam pelaksanaan kurikulum 2013, peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting karena sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Guru harus semakin berkopenten dan professional dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik, efisien, efektif sehingga pemerintah mengembangkan pembelajaran berorientasi pada ketrampilan berpikir tingkat tinggi atau higher Order thingking Skill (HOTS) adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi yang menuntut pemikiran secara kritis, kreatif, analitis terhadap informasi dan data memecahkan masalah (Barratt,2014). Dalam pelaksanaan pembelajaran di TK penerapan pembelajaran HOTS lebih mengacu pada pembelajaran saintifik yang terdiri dari 5 komponen yaitu, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan.
- Berkaitan dengan program pengembangan numerasi dan pembelajaran Saintifik pada anak usia dini, maka pada karya tulis ini akan dibahas mengenai apakah "MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA PUZZLE ANGKA DI TK ISLAM TERPADU CENDEKIA LAMONGAN KELOMPOK A TAHUN AJARAN 2022/2023".
- Jenis Kegiatan
- Kegiatan yang dilaporkan dalam laporan Best Practice ini adalah kegiatan pembelajaran tematik melalui pendekatan Saintifik kelompok A usia 4-5 tahun.
- Pada Tema : Alam Semesta
- Sub Tema : Pelangi
- Sub-Sub Tema : Warna Pelangi
- Manfaat Kegiatan
- Manfaat melaksanakan kegiatan ini adalah :
- Bagi Guru
- Menambah wawasan dan teori baru dan keilmuan tentang peningkatan mengenal konsep bilangan melalui puzzle angka.
- Sebagai informasi untuk memperbaiki pembelajaran agar guru dapat berkembang secara professional, kreatif dan inovatif.
- Memahami proses pembelajaran yang menyenangkan
- Menambah pemahaman tentang pembelajaran berorientasi HOTS dan TPACK
- Bagi peserta didik
- Mengembangkan kemampuan numerasi anak terutama pada aspek kognitif.
- Mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan.
- Melatih anak untuk berkonsentrasi.
- Meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran tematik melalui pendekatan saintifik yang berorientasikan pada HOTS dan TPACK.
- BAB II
- PELAKSANAAN KEGIATAN
- Tujuan dan Sasaran
- Tujuan
- Tujuan yang ingin di capai dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan numerasi adalah :
- Mengembangkan kemampuan numerasi anak.
- Mengembangan kemampuan mengenal konsep bilangan
- Melatih anak untuk berkonsentrasi.
- Meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran tematik melalui pendekatan saintifik yang berorientasikan pada HOTS dan TPACK
- Sasaran
- Sasaran dari kegiatan ini adalah peserta didik kelompok A di TK Islam Terpadu Cendekia kecamatan Lamongan sebanyak 17 anak.
- Bahan / Materi Kegiatan
- Bahan yang digunakan dalam praktek pembelajaran ini adalah materi kelompok A usia 4-5 tahun, dengan Tema : Alam semesta, Sub Tema : Pelangi, Sub-sub tema : Warna pelangi, Bidang pengembangan yang diambil adalah aspek kognitif dengan KD 3.6-4.6.
- Metode / Cara melaksanakan kegiatan
- Metode yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran yaitu
- Demontrasi
- Tanya Jawab
- Pemberian tugas
- Bercakap-cakap
- Alat / Instrumen
- Alat yang digunakan dalam kegiatan ini adalah :
- Potongan puzzle angka.
- Kertas HVS/ LKPD
- Lem
- Gunting, kertas origami dan kapas