Setiap aspek perkembangan yang harus dioptimalkan oleh anak usia dini, salah satunya adalah aspek bahasa. Aspek bahasa perlu dipersiapkan dan dikembangkan salah satunya adalah kemampuan mengenal huruf. Kemampuan mengenal huruf merupakan bagian dari kompetensi kemampuan bahasa dalam ruang lingkup keasaraan. Adapun lingkup perkembangan keaksaraan pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak dalam PERMENDIKBUD Nomor 137 tahun 2014 pada usia 4-5 tahun anak dapat: (1) mengenal simbol-simbol, (2) mengenal suara-suara hewan/ benda-benda di sekitar, (3) membuat coretan yang bermakna, (4) meniru (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z. Pada anak usia dini merupakan usia masa bermain, sehingga penyampaian pengenalan huruf harus dilakukan dengan cara bermain (Depdiknas, 2007)
Kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini Dapat disimulasikan dalam berbagai media, tergantung pada karakteristik dan aspek perkembangan anak usia dini. Media memegang peranan penting dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang membantu guru mengkomunikasikan informasi melalui media. Menurut Azhar Arsyad (2013), media adalah segala sesuatu yang digunakan manusia untuk menyampaikan atau menyebarkan ide, gagasan, atau pendapat sehingga sampai kepada penerima yang dituju (Sumaliwati dkk., 2015) dan (Sumiati & Komala 2020) menyimpulkan bahwa, media kotak huruf mampu menumbuh pemahaman tentang huruf yang bermakna dalam situasi yang menyenangkan dan menciptakan suasana belajar dengan kegiatan permainan yang sesuai dengan karakteristik anak yang senang bermain.
Dari media kotak huruf ini, perkembangan anak saat memainkan media kotak huruf yaitu sebagai berikut: 1. Anak dapat mengenal huruf dan anak tertarik ingin mengenal huruf karena tertarik dengan media yang disertai gambar dan huruf yang berbentuk seperti wortel membuat anak semakin ingin belajar mengenal huruf. 2. Anak juga senang saat medengarkan musik lagu huruf abjad yang diputar saat mengelilingi permainan. 3. Anak ju ga mengetahui benda sehari hari yang ada disekitaran rumah mereka yang berhubungan dengan setiap simbol-simbol huruf abjad.
Langkah-langkah membuat media kotak huruf :
- Siapkan kardus kotak bekas yang sudah tidak terpakai.
- Siapkan kertas polos putih, kertas origami, gunting, spidol, stik es krim dan lem.
- Tutup kardus kotak menggunakan kertas polos putih.
- Untuk membuat stik hurufnya, gunting kertas origami menjadi bentuk persegi ukuran sesuai dengan keinginan. Kemudian tulis huruf vokal (a-i-u-e-o). Selanjutnya lem kertas origami tersebut dengan stik es krim.
- Media kotak huruf siap untuk dimainkan.
Cara memainkan media kotak huruf :
- Ambil kartu yang berisi kata misalnya "burung elang"
- Kemudian cari huruf yang merupakan huruf vokal.
- Setelah itu cari stik huruf vokal yang sesuai dengan huruf-huruf vokal.
- Tancapkan kedalam media kotak huruf.
Sumber :
Deli Lestari1, Rita Kurnia2, Zulkifli3 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Melalui Permainan Media Kotak Huruf dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal huruf, Fazriah Siti Nurul, dkk., Vol.5 No.1 (2021), DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7376
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H