Lihat ke Halaman Asli

Ayu Ardana

Mahasiswa

KKN Tim 1 Undip 2023 Memberikan Pendampingan Pendaftaran Titik Lokasi UMKM ke GMaps dan Membuat Pemetaan Persebaran UMKM Desa Glinggang

Diperbarui: 13 Februari 2023   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pendampingan Pendaftaran Titik UMKM Ke GMaps/Dokumentasi pribadi

Desa Glinggang, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri (13/02/2023)

Kuliah Kerja Nyata Tim 1 Universitas Diponegoro 2023 melaksanakan program di Desa Glinggang, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Pelaksanaan program diawali dengan permohonan data UMKM kepada perangkat Desa Glinggang. Adanya data tersebut dapat memudahkan pada saat survei ke lapangan.

Program yang dilakukan mahasiswa KKN Tim 1 Undip berkaitan dengan UMKM dimana dalam kegiatannya tersebut memberikan pendampingan pendaftaran titik lokasi UMKM ke GMaps. Kegiatan pendampingan tersebut disampaikan kepada 3 UMKM yaitu UMKM Produksi Daster, UMKM Pengrajin Gitar, dan UMKM Industri Roti dan Kue Kering. Pendampingan tersebut berisi pendampingan bagaimana cara mendaftarkan titik UMKM ke GMaps yang nantinya dapat memberikan informasi usaha tersebut terkait jam buka, kategori jualan, nama usaha, alamat serta nomor handphone.

Pada acara kunjungan ke 3 UMKM tersebut, melakukan wawancara kepada pelaku UMKM dan berdasarkan hasil wawancara masih banyak yang belum mendaftarkan ke GMaps karena belum mengetahui mengenai cara pendaftaran titik ke GMaps. Maka dari itu, KKN Tim 1 Undip memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM sehingga dapat membantu usaha tersebut agar mudah diketahui banyak orang dan memudahkan apabila ingin berkunjung ke usaha tersebut.

Tidak hanya itu, selain kegiatan dalam bentuk pengabdian ke masyarakat melalui cara pendampingan pendaftaran titik lokasi UMKM ke GMaps. Mahasiswa KKN Tim 1 Undip membuat pemetaan persebaran UMKM yang ada di Desa Glinggang. Dengan tujuan dapat mengetahui potensi UMKM yang ada di Desa Glinggang secara visual dapat juga Peta Persebaran UMKM sebagai inventaris desa.

Melalui diskusi dengan perangkat desa menyebutkan bahwa Desa Glinggang belum tersedia Peta Persebaran UMKM Desa Glinggang sehingga KKN Tim 1 Undip melengkapi peta yang belum tersedia dengan membuat Peta Persebaran UMKM Desa Glinggang.

Dokumentasi Penyerahan Peta Persebaran UMKM Desa Glinggang Kepada Perangkat Desa/Dokumentasi pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline