Lihat ke Halaman Asli

Wiramuda: Sebagai Program Pemberdayaan IPB University Kolaborasi antara Mahasiswa dengan Petani

Diperbarui: 4 Februari 2023   04:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Wiramuda merupakan program pemberdayaan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) IPB University. Wiramuda dilaksanakan pada tahun 2022 dan menjadi tahun pertama program ini di mulai.  Wiramuda diikuti oleh +/- 30 Mahasiswa dari berbagai jurusan di IPB University dan diikuti oleh +/- 20 Petani Ubi yang tersebar di lingkar kampus. Setiap Mahasiswa diberikan tanggungjawab untuk mengelola ubi bersama petani seluas +/- 2500m² - 3000m². Kegiatan ini berlangsung selama tahun 2022, dengan masa tanam ubi selama 4 bulan.

Program ini terbuka untuk mahasiswa IPB University minimal semester 4 semua jurusan. Wiramuda sebagai salah satu program yang dapat membuka peluang kepada mahasiswa untuk terjun langsung mendampingi petani ubi dalam proses pasca panen hingga ubi dapat dipanen.

Wiramuda berhasil menggait mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di IPB University serat telah merealisasikan program kepada belasan petani di daerah lingkar kampus. 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan pendapatan petani ubi serta memanfaatkan bonus demogrfi. kegiatan yang dilakukan dalam Wiramuda yaitu (1) Pemberian modal kepada petani (2) Membantu dalam pemasaran Ubi jalar (3) Melakukan pendampingan bersama mahasiswa (4) Pemberian pengetahuan terait budidaya ubi kepada mahasiswa.

Selain dapat membantu petani dari segi pembiayaan serta pemasaran, wiramuda membantu mahasiswa belajar mengenai proses agribisnis komoditas ubi itu sendiri. 

Sebelum mahasiswa bertemu langsung dengan petani sebagai mitra, mahasiswa tersebut akan dibekali pemahaman serta pengetahuan mengenai budidaya ubi yang dijelaskan langsung oleh dosen IPB University yang sudah ahli dibidangnya.

Dok Pribadi

Program Kolaborasi antara Petani, Mahasiswa, dan Institusi dapat menjadi trobosan dalam membantu petani meningkatkan pendapatannya, menjadikan mahasiswa belajar mengenai pertanian, dan dapat menjadi trobosan bagi perkembangan petani milenial yang diketahui bahwa kian menurut peminatnya. Peran Institusi, Universitas sebagai agen pencetus generasi muda, memiliki tanggungjawab kepada masyarakat untuk memberikan inovasi atas penelitian yang telah di laksanakan.

Kedepannya, diharapkan program ini dapat menjangkau petani di luar Bogor dengan mengangkat komoditas yang cocok untuk masing-masing daerah tersebut, sehingga program ini dapat membantu meningkatkan pendapatan petani kecil.

Sumber : Wiramuda




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline