Lihat ke Halaman Asli

Ayu Faradita

mahasiswa

Bukan Sekedar Hobi! Menulis Juga Bisa Dapat Uang Lho!

Diperbarui: 2 Maret 2022   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sebenarnya banyak sekali hobi yang sangat menguntungkan bagi diri kita. Tidak hanya untuk mengisi waktu luang kita saja, tetapi juga bisa melakukannya menjadi hal yang lebih menguntungkan atau produktif. Artinya, kita bisa menghasilkan uang dengan melakukan hobi. Salah satunya yaitu menulis. Ketika kita menulis, kita bisa menuangkan apa saja yang sedang kita pikirkan. Mengeluarkan ide-ide yang ada dipikiran kita. Tidak hanya mengeluarkan ide, tetapi juga dapat membuat kita merasa bahagia ataupun untuk mengurangi rasa sedih.

Jaman sekarang banyak sekali orang yang suka menulis, entah itu menulis cerita, berita terkini, atau bahkan diary. Tidak hanya menulis di buku saja, melainkan sekarang bisa menulis di internet atau di situs-situs yang ditujukan kepada seorang penulis. Semua orang bisa menulis disitus tersebut, tidak harus seorang penulis yang profesional. Salah satunya kita bisa menulis cerpen atupun novel di aplikasi wattpad, menulis artikel di internet, seperti google, kompasiana, dsb. 

Di Era 4.0 semuanya serba online. Bahkan membeli ataupun menjual barang saja sudah online. Sama saja ketika kita menulis di internet dan banyak yang suka dengan tulisan kita bahkan meng-share tulisan kita, kita bisa saja mendapatkan uang dari aplikasi tersebut. Contohnya aplikasi wattpad. Wattpad adalah sebuah aplikasi atau media yang digunakan untuk belajar menulis. disini kita bisa menulis berbagai macam tulisan seperti cerpen, puisi, esai, novel, dll. 

Sebagian besar pengguna wattpad adalah seorang penulis, namun banyak juga yang masih bertindak sebagai pembaca. Seorang penulis yang menerbitkan tulisannya di wattpad denagn menggunakan fitur paid stories, maka penulis tersebut bisa dibayar oleh wattpad. Tidak hanya itu, tulisan yang mereka publish harus banyak yang tertarik dan menyukainya. di aplikasi wattpad juga sebenarnya banyak penulis-penulis hebat yang memantau tulisan di wattpad. Jika tulisan kita bagus dan diajak bekerjasama dengan penulis hebat tersebut, kita juga bisa dibayar sebagai seorang penulis.

Kita juga dapat mengunggah tulisan kita ke koran. Ketika tulisan kita dipilih oleh pihak koran dan di unggah, maka kita bisa mendapatkan uang. tidak sembarang tulisan bisa diunggah di koran, tentunya dicari tulisan yang layak dan menarik.

itulah beberapa keuntungan sebagai orang yang suka menulis atau hobi menulis. hobi yang dapat dikerjakan dengan santai tetapi dapat menghasilkan uang! Semoga bermanfaat!

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline