Lihat ke Halaman Asli

Ayu Lestari

Pelajar di LKP ITech Metro Lampung

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Diperbarui: 16 Desember 2021   08:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

madu bisa menyembuhkan batuk?

madu bukan obat utama untuk menyembuhkan sakit batuk. tetapi madu ini sudah ada bukti secara ilmiah bahwa madu mampu meredakan sakit batuk pada anak anak dan orang dewasa.

Madu murni dinilai dapat bertindak sebagai demulcent, yaitu senyawa yang dapat membantu menyelimuti tenggorokan saat batuk dan menenangkan selaput lender. Bukan hanya itu, madu sudah terbikti mengandung antimikroba dan antioksidan yang dapat memproses penyembuhan batuk.

sebuah studi pada tahun 2010 menyatakan dan membuktikan bahwa madu memiliki efek baik di bandingkan dengan obat diphenhydramine dan Dextromethorphan. Batuk di malam hari juga disebab kan karena indeksi saluran pernapasan.

Madu yang berjenis kayu putih, madu labiatae dan madu sitrus,bias meredakan batuk. Tidak hanya itu ternyata mengonsumsi madu juga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi nyenyak.

Orang dewasa yang tidak mempunyai alergi terhadap madu dapat mengonsumsi madu untuk menyembuhkan batuk. Untuk anak yang berusia 12 tahun ke bawah tidak boleh mengonsumsi madu. Larangan ini semata mata untuk menghindari penyakit botulisme yang bisa menyerang saraf di tubuh .

Madu mengandung bakteri yang namanya Clastridium botulinum.

Untuk cara mengonsumsi madu yaitu 1-2 sendok teh dengan rutin, anda juga bisa mencampurkan madu dengan air hangat. Lakukan secara benar jangan berlebihan menggunakan madu karena madu mengandung gula alami.

Jika gejala gejala batuk lebih serius seperti tersedak, muntah, sulit menelan, batuk darah dan nyeri di dada silahkan segera ke dokter agar cepat ditangani.

Madu jugag dapat meningkatkan stamina tubuh, cairan manis yang diproduksi lebah dapat ber khasiat menjaga imunitas dalam tubuh, dan menyehatkan jantung.

Kandungan yang terdapat dalam madu murni.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline