Lihat ke Halaman Asli

Ayu Oktaviani

Mahasiswa

Pengembangan Minat Baca Melalui Perpustakaan Rumah Ilmu di Desa Umbulsari

Diperbarui: 4 Juli 2023   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokpri)

MAGELANG, Kompas.com – Upaya pengembangan minat baca di desa Umbulsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang dilaksanakan melalui program perpustakaan Rumah Ilmu oleh KKN UNNES GIAT 5 Desa Umbulsari  tahun 2023. Perpustakaan diresmikan oleh kepala desa, bapak Budi Santoso S.E pada Selasa (4/7).

Pengembangan minat baca desa Umbulsari menjadi salah satu fokus program kegiatan KKN UNNES GIAT 5 desa Umbulsari tahun 2023. Hal ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan program kampung penggerak Pancasila. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi bagi warga desa Umbulsari , termasuk bagi anak-anak di sela-sela waktu liburan.

Tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk membaca buku, rumah ilmu juga berperan sebagai pusat pengembangan potensi diri dari anak-anak melalui macam-macam program kegiatan yang diagendakan KKN UNNES GIAT 5 Desa Umbulsari  tahun 2023. Beberapa kegiatan tersebut adalah English Class, Fun Class, pelatihan menari, senam, olimpiade matematika dan sains tingkat SD/MI.

Peresmian dihadiri oleh berbagai pihak dari kepala desa beserta jajaran perangkat desa, pengurus perpustakaan hingga warga sekitar.

(Dokpri)

“Rumah Ilmu merupakan sebuah inisiatif untuk meningkatkan budaya baca terutama untuk masyarakat Desa Umbulsari. Harapannya dengan adanya perpustakaan Rumah Ilmu ini, masyarakat desa Umbulsari dapat meningkatkan literasinya dan mengetahui pentingnya pengetahuan. Selain menjadi tempat untuk membaca dan meminjam buku, Rumah Ilmu juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dan program yang menarik, seperti English Class, Fun Class, Tari, dan pelatihan literasi digital”, kata Hesti Dwi Atika selaku ketua KKN UNNES GIAT 5 Desa Umbulsari.

“Saya sangat setuju dengan adanya perpustakaan rumah ilmu ini. Saya berharap anak-anak dapat menjadi tempat untuk menghabiskan waktu liburan, daripada hanya bermalas-malasan dengan main HP di rumah”, ujar Husein, salah satu warga desa Umbulsari.

"Sebenarnya saya sudah lama mengharapkan adanya perpustakaan ini, karena perpustakaan sangat membantu  anak-anak dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Terutama dalam mengerjakan tugas-tugas yang banyak membaca. Sedangkan minat baca anak kalau dirumah sangat minim, sehingga dengan adanya perpustakaan ini diharapkan anak-anak akan lebih tertarik untuk membaca, ditambah dengan berbagai kelas yang menarik bagi anak-anak", kata Fathur Rohman selaku kepala sekolah MI.

“Dengan diresmikannya perpustakaan ini saya berharap menjadi tempat yang efektif untuk kecerdasan anak-anak di desa Umbulsari. Kami berharap warga desa Umbulsari juga itu meramaikan perpustakaan ini, semua warga dipersilahkan untuk dating dan belajar disini”, ujar Budi Santoso. S.E selaku kepala desa Umbulsari.

"Semoga dengan diresmikannya perpustakaan di desa Umbulsari akan senantiasa berupaya melangkah lebih maju dengan semangat, inovasi, integritas dan optimisme serta komitmen untuk memberikan yang terbaik demi kemajuan ilmu pengetahuan sebagai tonggak mewujudkan masyarakat yang cerdas dan syarat utama pembangunan sumber daya manusia yang handal di masa yang akan datang, khususnya di desa Umbulsari", ujar Drs. Titok Lestianto M.M. selaku camat kecamatan Windusari.

Saat ini, pengurus perpustakaan sedang berfokus untuk penataan dan pengarsipan buku yang terdapat di perpustakaan Rumah Ilmu agar semua tersusun rapih dan efektif bagi pembaca.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline