Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswi KKN Undip Kelurahan Wates Kota Magelang Ciptakan Minuman Penambah Imun "Wedang Ambyar""

Diperbarui: 13 Februari 2021   19:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Magelang (06/02) -- Pemerintah telah menghimbau agar masyarakat untuk melaksanakan new normal alias hidup berdampingan dengan covid-19 sambil menjalani aktivitas seperti biasa. Namun tetap dengan batasan-batasan yang telah ditetapkan pemerintah atau biasa disebut dengan protokol kesehatan. Sosialisasi mengenai gaya hidup new normal sangat penting dilakukan dalam situasi yang saat ini terjadi, yang memiliki tujuan besar baik untuk diri sendiri maupun orang sekitar. Dampak yang ditimbulkan akibat kebiasaan tidak menjaga kebersihan tangan dapat berskala ringan hingga fatal akibat terserang virus dan bakteri. Dan penyebarannya sendiri dapat terjadi lewat tangan, seperti flu, diare, hepatitis dsb hingga penyakit COVID-19 akibat virus Corona.

Pada wilayah Kota Magelang hingga saat ini mengalami peningkatan secara terus menerus terlebih di lingkungan RT 02 Kelurahan Wates Kota Magelang. Dalam upaya pencegahan yang dilakukan selain memakai masker saat pergi keluar rumah, adalah diperlukannya untuk selalu menjaga imun tubuh. Karena sejak pandemi covid-19 muncul, hampir semua orang mengalami dampak dan kendala untuk mencegah penularan virus corona. Namun karena tidak kunjung reda, Pemerintah menganjurkan untuk mulai melakukan kegiatan seperti biasa yang tentunya sambil mematuhi protokol pencegahan covid-19.

Hal ini mendorong kita untuk lebih gencar dalam menerapkan langkah pencegahan dasar covid-19, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer, tidak menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci, menerapkan physical distancing serta mengenakan masker dalam setiap aktivitas di luar rumah dan juga menjaga kesehatan dari dalam yaitu imun tubuh. Sayangnya masih banyak warga di lingkungan RT 02 Kelurahan Wates yang kurang menyadari hal tersebut dan tidak mengindahkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19 yang akan membahayakan dirinya dan orang sekitar.

Sehingga dengan adanya hal tersebut, salah satu mahasiswi KKN Undip Kelurahan Wates memnciptakan minuman penambah imun yang diberi nama Wedang Ambyar dengan tagline "Ngunjuk Wedang e Ambyar Covid 2". Wedang Ambyar tersebut di buat menggunakan bahan rempah-rempah alami yang nantinya bisa digunakan sebagai pencegahan penularan virus. Dalam brosur manfaat dan tata cara pembuatan Wedang Ambyar terdapat bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan. Diharapkan penciptaan Wedang Ambyar dan brosur tata cara dan manfaat dapat membantu warga RT 02 dan warga sekitar Kelurahan Wates untuk tetap memiliki imun yang baik dalam menghadapi wabah Covid-19 ini.

 

Penulis : Agustina Ayu Saraswati

 

Dosen Pembimbing Lapangan : dr. Dodik Pramono, M. Si., Med




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline