Hai sobat kompasiana, kalian pasti sangat tidak asing dengan produk apple, produk terkini yang saat ini marak di gunakan oleh masyarakat. Perusahaan paling transformatif, perusahaan pertama di dunia yang mencapai valuasi sehingga 3 triliun dolar AS. Tapi, apakah kalian tau perusahaan apple pernah bangkrut?
Steve Jobs, salah satu pendiri perusahaan apple. Tetapi ia dikeluarkan dari perusahaan yang telah ia bangun sendiri pada tahun 1985, Mengapa? Karena watak Steve Jobs yang terbilang masih muda dan juga memiliki tempramen yang kurang stabil, konon katanya salah satu penyebab steve jobs di keluarkan dari perusahaan tersebut adalah produk komputer Apple, Macintosh, buatan Jobs yang tidak laku dipasaran. Hal ini membuat nama Steve jobs seakan menjadi kepingan tak berarti.
Setelah jobs dipecat oleh perusahaan, ia membangun perusahaan stasiun kerja komputer yaitu next software dan pada tahun 1997 steve jobs kembali ke perusahaan apple. Namun, apple hampir bangkrut dan pasrah. Jobs kecewa karena melihat perusahaan yang ia bangun mengalami penurunan statistik atau hampir bangkrut, hal ini dikarenakan apple tidak memiliki strategi yang jelas, mengeluarkan produk yang tidak mudah di mengerti dan bahkan kehilangan puluhan juta dolar setiap kuartalnya. Kemudian jobs mengambil langkah awal dengan membeli NeXT pada tahun 1996 dengan nilai $429 juta dan 1,5 juta lembar saham Apple.
Dan jobs merevitalisasi perusahaan dengan kompetitor utama yakni microsoft. Yang melaporkan bahwa microsoft membeli saham minoritas pada apple senilai 150 juta dolar AS. Selain itu, ia mengambil langkah berani dengan membatalkan 70% produk Apple dan memecat lebih dari 3.000 karyawan. Karena sikap kepemimpinan jobs dalam mengambil langkah tanpa takut, ia berhasil mengubah kerugian senilai 1 miliar dolar AS pada 1997 menjadi profit senilai 300 juta pada 1998.
Kembalinya jobs membuat apple sangat senang karena jobs dapat memulihkan perusahaan nya dengan menciptakan barang inovatif baru yaitu 'Ima c' nama dari sebuah komputer ciptaan apple yang pertama kali di terbitkan setelah jatuhnya perusahaan dan dijual dengan harga terjangkau. Kemudian, jobs menciptakan Ipod pada 2001, iphone 2001, dan iPad 2010 dan membuatnya laku keras dengan teknik pemasaran jobs. Semua produk baru yang diproduksi oleh jobs membuat perusahaan kembali normal bahkan meningkat secara drastis.
Jobs tidak hanya membuat barang inovatif, tetapi juga melakukan iklan pemasaran dan membuat kampanye yaitu "Think Different" yang berarti berpikir berbeda, membuat Apple kerap dikaitkan para pemikir tak biasa seperti Albert Einstein dan Mahatma Gandhi. Jobs tidak hanya menggunakan via online tetapi ia juga turun langsung ke masyarakat seperti dalam event event besar yang membuat produk apple semakin di kenal. Selain itu, ia juga mengembangkan rantai Apple Store dengan menghampiri tiap apple strore di sekitar untuk memastikan produk Apple disajikan dengan baik.
Sikap kepemimpinan jobs patut di acungi jempol, sayangnya era steve jobs hanya sampai pada tahun 2011, karena ia mengalami kanker pankreas dan harus meninggalkan dunia. Jobs berpesan agar perusahaan di serahkan kepada tim cook. Jobs yang berjasa membuat perusahaan teknologi ini menjadi dominan baik dalam harga pasar maupun harga saham. Perusahaan yang kian maju dengan teknologi yang baru membuat angka statistik perusahaan naik 11% dari tahun ke tahun.
Menurut saya, apa yang dilakukan oleh jobs sudah sangat baik dan tepat, tetapi ada beberapa yang harus dilakukan agar dapat menambah citra apple dan fokus masyarakat. Dalam public relation kita memiliki fungsi yang namanya 'Public Affairs' yang berarti membangun keterlibatan yang aktif dengan pemerintahan dalam berbagai kebijakan umum, yang secara sederhana kegiatan ini disebut juga dengan melobi / bentuk mempromosikan sesuatu ke tanah lapang secara langsung. Yang berfungsi untuk membangun kepercayaan sekitar. Jobs sudah menerapkan Public Affairs, tetapi hanya pada event -- event besar saja dan terlalu mengabaikan event-event kecil yang kerap berada di pulau yang kurang terkenal / pulau asing yang keberadaannya sulit di jangkau. Jobs memang sudah tidak ada. Tetapi, organisasi apple masih bisa melanjutkan promosi ke daerah yang sulit dijangkau.
'Bagaimana cara mempromosikannya sedangkan pulau asing hanya berisikan rakyat kecil dan tidak akan ada feedback untuk apple?' Cara mempromosikannya yaitu melakukan komunikasi langsung dengan rakyat kecil di pulau tersebut, seperti : Special events yaitu membuat event di pulau tersebut dengan mengadakan game dan yang menang akan mendapat produk apple. Dengan begitu, kita akan mendapat banyak manfaat, yaitu :
- Kita dapat memperkenalkan barang -- barang apple menjadi lebih luas, yang awalnya rakyat kecil tidak memperdulikan produk apple karena mengira bahwa produk apple adalah barang mewah yang tidak dapat tergapai selain tempat nya yang jauh, dan ekonomi. Sekarang karena project ini, Rakyat menjadi memiliki respect dan mulai memperhatikan produk apple, melihat barang apple menjadi barang realita.
- Rakyat yang mendapat hadiah secara tidak langsung memprosikan produk apple dengan WoM ( Words of Mouth ) Hal ini dapat membuat niat rakyat untuk menabung dan menjadikan produk apple adalah cita-citanya.
- Produk apple tidak akan berhenti dari pandangan netizen, produk ini akan menjadi fokus utama masyarakat.
Tidak hanya dikenal tetapi juga mendapat respect. Mengapa demikian? Karena jarangnya teknologi yang datang untuk membuat event di pulau dengan rakyat kecil, produk apple pun akan mendapat respect, apalagi produk apple yang sudah sangat di kenal tetapi dapat menurunkan gengsi untuk turun terjun langsung ke pulau terpencil. Terakhir, menempatkan store di pulau tersebut, produk apple bisa membuat pulau itu menjadi penggemar apple dengan menaruh store di pulau itu.