ANALISIS HASIL WAWANCARA MENGENAI PELUANG INDUSTRI TELEVISI DI ERA MEDIA BARU
Ayuni Khoirin
ayunikhoirin10@upi.edu
Film dan Televisi, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154
ABSTRAK
Televisi merupakan media massa yang sudah digunakan sejak lama, dengan adanya televisi, berbagai jenis konten berupa hiburan, berita, talk show, maupun kampanye dapat di suguhkan dalam media massa yang diminati oleh kebanyakan orang ini.
Seiring berkembangnya zaman televisi disaingi oleh media baru berawal dari kemunculan internet yang dapat membuat berbagai platform dan mudah diakses oleh siapa saja, menjadikan media baru sebagai media yang banyak digunakan oleh orang-orang, hal ini menyebabkan berkuragnya peminat televisi sebagai media massa utama.
Denga berkurangnya peminat, masa depan industry televisi dinilai akan berakhir, dengan begitu karir di dunia pertelevisian menjadi diragukan masyrakat untuk dijadikan opsi sebagai fokus karir saat ini, selain itu jurnalistik yang merupakan salah satu bidang pekerjaan yang ada di dalam industri pertelevisian pun ikut dipertanyakan masa depannya.
Dari hal-hal yang menjadi kekhawatiran dan pertanyaan masyarakat mengenai keberlangsungan industri pertelevisian di Indonesia, penulis melakukan penelitian kepada salah seorang narasumber yang ahli dibidang jurnalistik dan sudah terjun di dunia pertelevisian, hal ini guna mendapatkan jawaban yang akurat dari pertanyaan-pertanyaan masyrakat.
Selain itu pula, dijelaskan mengenai cara atau tips agar bisa menjadi jurnalis maupun berkarir di dunia pertelevisian bagi orang-orang yang ingin menjadikan jurnalistik menjadi fokus karirnya.
1. PENDAHULUAN