Lihat ke Halaman Asli

"Irama dan Melodi"

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Berbicara mengenai musik adalah berbicara tentang emosi dan hati. Ia menenangkan jiwa, merilekskan tubuh, dan menyatukan kembali dengan hasrat dan impian yang terdalam. Musik dapat menerobos pikiran sadar dan membiarkan masuk ke pikiran bawah sadar kita, dimana dapat mengekspresikan perasaan.

Mendengarkan musik bisa memberikan hasil yang luar biasa ampuh dan langsung terasa bagi kehidupan manusia. Musik jug adapt meningkatkatkan daya hidup dan melepaskan kelelahan, serta menaikkan dan menyeimbangkan suasana hati, musik membantu memfokuskan pikiran dan inspirasi untuk berkreasi.

Pada dasarnya komponen musik ada tiga (Caron B. Goode, ED. D: 2005) yaitu suara, irama, dan melodi. Pertama, suara merupakan bahan yang paling pokok dari musik, karena suara adalah langkah awal dalam menciptakan musik. Dalam tubuh, suara berhubungan dengan sistem saraf pusat. Suara dapat membuat berenergi atau menenangkan hati. Suara yang menyenangkan akan membuka dan melapangkan diri, sebaliknya suara yang berderit akan membuat diri mengerut.

Kedua, irama memberikan ketukan pada suara, menyiapkan, dan mengaturnya. Irama merupakan langkah kedua, di mana suara diatur oleh irama sehingga menjadi suara-suara indah. Dalam tubuh, irama berkaitan erat dengan irama tubuh internal (denyut nadi dan pernapasan). Jika ketukan musik menjadi cepat, detak jantung dan gerakan tubuh akan mulai terasa mengikutinya. Irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar musik dan tari (Jamalus, 1989). Akan tetapi irama akan tetap berjalan walaupun melodi berhenti, sampai lagu itu berhenti.

Irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur musik dan tari. Irama diartikan gerak yang teratur,panjang-pendek membentuk pola irama bergerak menurut pulsa dalam ayunan birama. Notasi dalam irama berbentuk not dan tanda diam.

Dari irama kita dapat membentuk suatu pola irama. Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan irama tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu. Irama erat kaitannya dengan membirama. Membirama merupakan suatu keterampilan yang berwujud pola-pola isyarat dengan menggunakan gerakan tangan dalam memimpin suatu sajian musik secara bersama-sama.

Ketiga, melodi berkaitan dengan emosi. Musik memberi suara dan irama pada perasaan serta kualitas indra. Melodi adalah bagian musik yang dapat mengekspresikan seluk-beluk pengalaman seseorang. Melodi langsung masuk ke dalam hati dan pusat perasaan. Melodi dapat mengangkat semangat, menenangkan di saat stress, atau membangkitkan keharuan. Melodi mengubah suara menjadi pernyataan personal dan unik. Dengan memainkan ketiganya (suara, irama, dan melodi) akan menemukan perbendaharaan dan alat bantu untuk berekspresi ketika kata-kata yang tepat sulit diungkapkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline