Lihat ke Halaman Asli

Romantisme Setan Jogja

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Januari 2010

Kenalin nama gue Bramantyo Miko. Saat ini gue masih tercatat sebagai salah seorang mahasiswa Jakarta yang terkenal dengan kegagalan-kegagalan. Udah 4 kali gue ngajuin judul skripsi dan semua judul itu ditolak mentah-mentah dan baru kemaren gue pikir akan berhasil, ternyata gagal (lagi) tapi gue tetep semangat 69 kok, elu jangan khawatir ya sob gua pasti lulus kok walaupun gua gak tau itu kapan.

Dalam rangka menghilangkan kepeningan gue yang nungguin waktu kelulusan akhirnya, gue mutusin buat ngetrip ke Jogjakarta, kenapa gue pilih Jogjakarta? Ya, ya pokoknya ini referensi temen gue Kirun. Titik.

“Mik! Elu harus kuat Mik. Ini adalah trip yang akan memberikan kekuatan buat lu! Gua yakin elu bisa Mik!”

“Iya makasih sob, gue pasti bisa kok. Dan setelah trip Jogja gue yakin pasti skripsi gue kali ini akan diterima. Elo jaga kesehatan ya, jangan pipis sembarangan lagi.” Kata gue sambil meluk Kirun. Gue sayang sama dia.

Dia bilang sambil ngupil, “Amin ya Mik.”

Ini adalah kali pertama gua berlalu lalang dikota yang katanya “Romantis”. Kata temen-temen gue Jogja romantis, gua pikir Jogja kota pelajar. Sekarang gue udah sampe di Jogjakarta. Banyak kejadian lucu dan nyeremin selama di perjalanan. Baru kali ini gua ngetrip sambil pacaran sama setan. Siapa yang gak ngeri??? Siake si Kirun, ternyata dia ngasih rute sakral yang harusnya kaga boleh dilewatin sama turis ganteng kayak gue. Gue baru tau kalo tidur di deket kamar mandi kereta itu dilarang keras, padahal kata Kirun itu tempat teraman dari setan-setan jail.

Semuanya berawal dari setibanya gua di Stasiun Lempuyangan, nama stasuin kereta api nih, lu tau kan? Gue sampe di stasiun ini sektar jam 07.00 waktu Jogjakarta. Dengan mata yang masih ngantuk gue keluar dari gerbong kereta yang bau pesingnya gak kepalang, berbagai minyak udah gua taburin di baju minyak wangi gue yang tinggal lima tetes, minyak goreng, minyak kayu putih sampe minyak nyongnyong punya nyokap tapi bau pesing di samping gue tetep mengalir. Di samping gue? Di samping gue apa di badan gue?

Dari dulu sebenernya gue udah sering denger soal setan kamar mandi. Katanya sih tuh setan emang paling demen sama orang yang jarang mandi (jangan ngelirik gua!!!). Tapi gua gak percaya!!! Percaya tuh sama Tuhan sob. Ya nggak?

Perut gua laper, berasa banget naga-naga yang ada didalem perut mao keluar nyari mangsa, kebetulan banget didepan stasiun ini ada rumah makan. Karna gua ke Jogjakarta sendirian alhasil banyak calo yang ngedempetin gua, gua gak tau mereka mao ngapain tapi gua udah siap buat nutup mata tapi belom sampe mereka ngedempet badan gua mereka langsung nutup idung! Damn! Gua tau gua belom mandi masalah buat lo semua hah?! (itu bentakan gua dalam hati untuk para preman itu).

Setelah ngeliat mereka ngejauhin gua akhirnya ada 2 anak kecil yang ngedeketin gua, mereka nutup kuping mereka gua heran ternyata masih ada orang aneh di dunia ini. Gua bingung sob, mereka kebauan tapi kok nutup kuping. 2 anak kecil ini rada aneh, mereka gak pake baju kepalanya botak licin banget kayak kepala tuyul yang ada di tipi. Gua jadi keingetan pelem masa kecil gua dulu. Mereka berdua cuma ngeliatin cincin gua doang, abis itu nutup mata silo kali ya karna cincin pemberian mbah kakung gua dari Sukabumi ini katanya ampuh buat ngusir setan. Apa? Setan? Anak kecil itu? Gak mungkin, tapi setelah gua muterin badan anak kecil itu udah gak ada di mana-mana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline