Lihat ke Halaman Asli

Ayo Less Waste

Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan

Resolusi 2024, Mari Jalankan Pola Hidup Less Waste !

Diperbarui: 1 Januari 2024   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi/@lesswaste_alw



Halo Less Wasters! Selamat tahun baru ya. Apa aja nih resolusimu di tahun 2024 ini? Nah, bagi kamu yang belum menjalankan pola hidup ''Less Waste'' atau minim sampah, kamu bisa memulainya dengan langkah mudah ini loh..!

1. Berpikir ulang sebelum membeli. Kadang, tidak semua barang yang kita inginkan itu adalah kebutuhan Less Wasters. Pikirkan kembali apa kita betul-betul membutuhkannya sebelum membelinya. Agar menghindari penumpukan barang-barang tidak terpakai di rumah kita.

2. Makan dan minum secukupnya. Yap, nyatanya masih ada jutaan orang yang mengalami kemiskinan di luar sana dan bahkan kesulitan untuk mendapatkan sepiring nasi. Konsumsi secukupnya juga membantu kita terhindar dari mubadzir.

3. Membawa tumblr, tempat makan dan kantong kain. Seringkali kita jajan atau belanja saat keluar. Nah membawa barang-barang ringan tersebut dapat memberhentikan penggunaan kantong atau wadah plastik dari tempat kita berbelanja.

4. Hemat dalam menggunakan air. Less Wasters, air adalah kebutuhan hidup yang sangat penting. Tidak semua wilayah mendapatkan air secara mudah dan murah. Jadi, bijak dalam menggunakan air ya!

5. Memanfaatkan barang yang ada sampai maksimal. Yes, perpanjang penggunaannya. Perbaiki jika masih bisa diperbaiki. Hindari menumpuk barang yang sejatinya menyulitkan hidup kita juga dan berpotensi menjadi sampah nantinya.

6. Memisahkan sampah organik dan anorganik. Yup, sedikit effort di awal tapi kita sudah menjadi penyelamat bumi Less Wasters! Karena sampah yang bercampur bisa menyebabkan gas metana yang dapat menipiskan lapisan ozon dan membuat bumi kita semakin panas. wah bahaya ya! Jual sampahmu di bank sampah terdekat atau bisa sedekahkan sampahmu ke kami loh. sampah organiknya bisa dialokasikan untuk membuat kompos, pakan ternak dsb.

7. Mulai menanam pohon. Aduh ini sih beratus manfaat..! Udara jadi bersih, kita juga jadi hepi karena turut memberikan kontribusi dalam menghijaukan alam ini. Ayo satu pohon satu tahun, itu mudah loh Less Wasters. 


So.. 2024 Mulai Less Waste ? Siapa takut ..!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline