Lihat ke Halaman Asli

Akhmad Fakih

Pelajar/Mahasiswa

Analisis Kualitas Air dan Pembuatan Formulasi Pakan pada Ikan

Diperbarui: 20 Agustus 2023   21:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Desa Klemunan yang berada di Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar ini merupakan wilayah yang beberapa warganya memiliki profesi sebagai pembudidaya ikan. Permasalahan yang terjadi dalam pembudidayaan ikan di Desa Klemunan yaitu tingginya biaya produksi pakan pelet pabrikan yang digunakan sehingga masyarakat menggunakan pakan sisa makanan yang sulit untuk dikonsumsi oleh ikan yang menyebabkan kualitas air yang buruk. Dari permasalahan tersebut, kami dari kelompok MMD Desa Klemunan memiliki program kerja yang memiliki tujuan agar para pembudidaya ikan dapat teringankan bebannya mengenai masalah kualitas air yang buruk dan memberikan solusi berupa formulasi pembuatan pakan buatan untuk mengurangi penggunaan pelet pabrikan dan memanfaatkan bahan-bahan pakan yang mudah ditemukan dan melimpah di sekitar desa. 

Sosialisasi mengenai formulasi pakan ikan guna mengurangi penggunaan pakan pabrikan untuk menghemat biaya dilakukan pada tanggal 20 juli 2023 pada jam 14.00 di Balai Desa kelurahan Klemunan. Sosialisasi dilakukan dengan penyampaian materi berupa formulasi pakan dengan bahan yang dapat ditemukan di Kelurahan Klemunan. 

"Salah satu biaya yang paling tinggi adalah biaya produksi pakan, sehingga dengan adanya program kerja ini diharapkan dapat membantu para pembudidaya ikan" Kata Josia salah satu mahasiswa MMD.Sosialisasi dilakukan bersama dengan 10 orang pembudidaya ikan di Kelurahan klemunan. Para pembudidaya ikan sangat antusias dalam memahami materi yang disampaikan mengenai formulasi pakan ikan diperkuat pada sesi diskusi banyak dari pembudidaya yang bertanya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai formulasi pakan yang akan diterapkan. Selain sosialisasi pembuatan pakan ikan juga dilakukan praktek pembuatan pakan ikan dengan bahan yang disediakan. Sosialisasi dilaksanakan melihat para pembudidaya yang rata-rata mengeluarkan biaya paling besar di penggunaan pakan pabrikan.

"Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat desa, serta ilmu yang telah diberikan dari adik-adik mahasiswa bisa diterapkan untuk para pembudidaya ikan " Kata Bapak Gatot selaku Kepala Desa Klemunan yang turut hadir.

Setelah dilakukan sosialisasi juga dilakukan praktek secara langsung pembuatan pakan ikan dengan bahan yang disediakan yaitu, kami menggunakan tepung ikan, dedak padi, dedak jagung, tepung terigu. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat mengurangi penggunaan pelet pabrikan dan memanfaatkan bahan-bahan pakan yang mudah ditemukan dan melimpah di sekitar desa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline