Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Inovasi Jurnalisme Masa Kini

Diperbarui: 20 Februari 2019   07:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

thalesgroup.com

Perkembangan jurnalisme masa kini dekat dengan yang namanya real time, big data dan intelligent divices. Realtime biasanya seperti twitter dan streaming. Kemudian, big data biasanya seperti semantic web. Intelligent device biasanya seperti RFIDs ( Radio Frefuency Identifications).

Perkembangan teknologi membuat para jurnalis mendapatkan tuntutan lebih. Dulu jurnalis kebanyakan hanya menyususn teks berita dan menyampaikan foto saja, namun saat ini jurnalis juga dituntut untuk mengembangkan audio dan video didalam mengabarkan suatu berita.

Paul Bradshaw menyatakan bahwa terdapat tiga model jurnalisme, yaitu faster or deeper journalism, news diamond dan distributed journalism. Model tersebut antara lain:

1. Faster Journalism or Deeper Journalism

Online Jurnalism Blog

Bradshaw mengatakan bahwa kecepatan saat ini menjadi dua hal yang penting dari media. Media menuntut dirinya menjadi yang pertama dalam menyampaikan berita dengan dukungan kecepatan internet.

Alert: para jurnalis akan memberikan tanda atau notifikasi kepada pengguna media online melalui media sosial apabila terdapat peristiwa yang menarik. Hal ini akan membuat warga net mengakses website untuk mendapatkan informasi tersebut.

Draft : informasi yang belum sempurna untuk dicetak maupun disiarkan, sehingga informasi diletakkan pada blog.

Article/Package: jika informasi tersebut penting draft akan berubah menjadi package yang bernilai produksi yang tinggi kemudian disiarkan atau dicetak dalam media cetak.

Context: hypertext atau hyperlink menjadi penting dalam proses ini karena memudahkan khalayak untuk mengakses konteks tertentu dari data-data dari berbagai media.

Analysis/Reflection: proses ini dilakukan dengan mengumpulkan segala reaksi dalam blogsphere.

Interactivity: Flash, chats, forum membuat suatu informasi yang didapat menjadi lebih menarik bagi pengguna media massa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline