Lihat ke Halaman Asli

Inilah Jurnalisme Online Masa Kini

Diperbarui: 11 Februari 2019   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.lipolondon.com

Jurnalisme online saat ini bisa dikatakan semakin berkembang, berkembang dengan melakukan perubahan-perubahan yang menjadikan para jurnalis mau tidak mau mengikuti trend perkembangan dan perubahan tersebut.

Perubahan yang cukup terlihat antara lain:

1. Web tidak hanya berisi berita

npr.org

Web pada jurnlisme online saat ini cenderung lebih komplek isinya. Web tersebut mempunyai beberapa kategori yang dipisah-pisahkan bagi pembacanya. Hal ini tentu mempermudah para pembaca media online. Contoh: nrp.org merupakan situs dari stasiun radio, mereka tidak hanya menyiarkan berita lewat radio namun juga menyediakan berita teks dan foto di web tersebut.

2. Video tidak hanya di televisi

nytimes.com

Jurnalisme online juga diterapkan oleh New York Times. Koran ini tidak hanya memuat berita-berita dengan tulisan saja namun berkembang dengan menampilkan tayangan dengan bentuk video. Tentu saja hal ini dikembangan karena masyarakat saat ini cenderung menggunakan handpone daripada menonton televise.

3. Audio tidak hanya tentang radio

elpais.com/podcast

Situs media online Cadena SER mengembangkan podcast cadena SER untuk memberitakan beritanya. Hal ini cukup menarik sebab setiap orang dapat mengirimkan suaranya kedalam situs media online tersebut.

4. Jurnalis tv juga menulis berita

metrotvnews.com

Perubahan jurnalisme media online saat ini turut membuat para jurnalis TV juga andil dalam menulis berita dan kemudian disebarkan lewat web situs mereka. Tentu saja ini merupakan perubahan yang saat ini banyak diterapkan. Contoh: metro tv

5. Berita dapat di aggregasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline