Lihat ke Halaman Asli

Indonesia Dengan Cinta

Diperbarui: 13 Februari 2024   10:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sekitar 60.000 tahun lalu, gelombang migrasi pertama manusia yang menjadi nenek moyang ras Melanesia sampai di dataran Kepulauan Indonesia. Berakhirnya zaman es, pada awal zaman Holosen atau zaman 12.000 tahun sebelum masehi menyebabkan naiknya permukaan laut dan terpisahnya daratan-daratan Sundaland dari daratan utama Asia, kemudian terpecah sehingga membentuk kepulauan Nusantara seperti sekarang ini. Indonesia disebut sebagai negara resmi Republik Indonesia atau lebih detailnya yaitu Negara Republik Indonesia, adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa tepatnya di Pontianak (kota khatulistiwa). 

Indonesia mempunyai 38 provinsi yang 9 diantaranya merupakan daerah berstatus khusus atau istimewa seperti Daerah Istimewa Nangro Aceh Darussalam, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan. 

38 provinsi yang disetiap provinsinya dikepalai oleh seorang gubernur. Alasan addanya enam Provinsi Otsus yaitu karena  Pemerintah berupaya untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Sebelum Indonesia memiliki 38 provinsi, pada tahun 1945, Indonesia hanya memiliki 8 provinsi saja.

Indonesia mempunyai banyak sekali pulau yang menjadi tempat destinasi wisata, banyak wisatawan-wisatawan asli Indonesia bahkan dari luar negeri sekalipun, mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan pulaunya. Keindahan Indonesia bukan hanya pulau yang enak dipandang, namun juga budaya, yang dapat dilihat dari rumah daerah, tarian daerah, cara hidup, berpakaian serta kulinernya. Indonesia mempunyai lebih dari 50.000 km garis pantai. 

Indonesia menjadi rumah bagi kehidupan lebih dari 50.000 kilometer persegi terumbu karang. Indonesia menjadi negara kedua dengan garis pantai terpanjang yaitu 99.083 km. Bagi anak muda yang sekarang banyak yang menjadi pemburu sunset, Indonesia menyediakan spot-spot seperti pantai, bukit untuk melihat betapa indahnya sunset Indonesia. Betapa sulitnya dilupakan ketika kita telah terlanjur menikmati keindahan pemandangan tanah air.

Ketika tertanam cinta yang kita taruh kepada alam Indonesia, maka akan terdapat kecanduan di dalamnya. Terdapat gunung dan pantai yang biasanya menjadi pentolan untuk mencari sunset, sunrise dan kabut yang indah, contohnya Gunung Semeru sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncak ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). 

Gunung Semeru lebih dikenal dengan sebutan Mahameru yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan menjadi daya tarik bagi  para pendaki dan pencinta alam. Perjuangan untuk mendaki Mahameru merupakan tantangan bagi para pendaki, karena medan yang dilalui terjal dan berbatu serta cuaca yang terkadang susah untuk diprediksi. Namun, perjuangan tersebut akan terbayar lunas ketika mencapai puncak Mahameru dan menyaksikan langsung pemandangan spektakuler.

Mahameru mempunyai danau yang sangat indah yaitu Ranukumbolo, dimana terdapat keindahan yang begitu menakjubkan ketika kita bisa melihat langsung. Terdapat Tanjakan Cinta di Gunung Semeru, tanjakan yang memiliki mitos berdasarkan legenda tragis pendaki wanita. Tanjakan Cinta merupakan jalan setapak menuju bukit, dengan kemiringan sekitar 45 derajat. 

Letak Tanjakan Cinta tepat setelah Danau Ranu Kumbolo menuju Oro-oro Ombo. Mitosnya saat melewati Tanjakan Cinta, pendaki dihimbau untuk tidak menoleh ke belakang, karena jika menoleh konon katanya pendaki tersebut akan putus cinta.

Berbicara mengenai provinsi istimewa Indonesia, salah satunya yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, dimana banyak orang yang mengatakan dilarang jatuh cinta di kota itu. Katanya akan sulit untuk dilupakan, atau bahkan akan menjadi kenangan selamanya. Konon katanya di Yogyakarta orang bisa mengenal cinta dan bahkan merasakan jatuh cinta yang amat dalam, namun ketika sudah putus cinta, maka akan menjadi kenangan yang amat susah dilupakan. 

Setiap sudut yang ada di kota Jogja, memberikan cinta yang indah dan susah untuk dilupakan, rasa cinta yang akan terus bersemi di dalam hati pengunjung dan orang yang tinggal di kota itu. Kota yang indah dengan setiap destinasi yang memberikan kesan aesthetic.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline