Lihat ke Halaman Asli

Peran Pendidikan Islam di Tengah Intoleransi Agama dan Budaya

Diperbarui: 20 Juli 2023   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstract

Islamic education is a process of guidance given by other people to someone so that he can develop optimally in accordance with Islamic teachings. In this modern era, Indonesia is rife with conflicts of religious and cultural intolerance, this happens because the understanding of Indonesian culture that respects differences begins to fade and there is no complete understanding of culture. So that the creation of several acts of intolerance and violations of freedom which are influenced by several factors including social, economic, political, and increasing hate speech that occurs in society. Thus the role of Islamic education has an effect on conflicts of religious and cultural intolerance, how an educator can later form a person to have character traits, if this is done then this religious and cultural intolerance will decrease.

Keywords: Islamic Education, Intolerance, Religion

 

Abstrak

Pendidikan Islam merupakan suatu proses bimbingan yang diberikan orang lain kepada seseorang agar ia berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam. Diera modern ini Indonesia sedang marak dengan adanya konflik intoleransi agama dan budaya hal ini terjadi karena pemahaman mengenai kultur budaya Indonesia yang menghormati perbedaan mulai luntur dan kurang utuhnya pemahaman budaya. Sehingga terciptanya beberapa tindakan intoleransi dan pelanggaran kebebasan yang dipengaruhi beberapa factor diantaranya social, ekonomi, politik, dan meningkatnya ujaran kebencian yang terjadi dimasyarakat. Dengan demikian peran pendidikan islam berpengaruh terhadap konflik intolerani agama dan budaya, bagaimana seorang pendidik nantinya bisa membentuk seeorang untuk memilki sifat yang berkarekter, jika hal ini dilakukan maka intoleransi agama dan budaya ini semakin menurun.

Kata Kunci : Pendidikan Islam, Intoleransi, Agama

PENDAHULUAN

 

Indonesia adalah Negara yang bersifat pluralisme, artinya adalah Negara yang memilki keaneka ragaman budaya, suku, agama dan bahasa serta adat istiadat. Keaneka ragaman ini merupakan anugerah yang di berikan Tuhan yang maha esa kepada seluruh warga Negara Indonesia dan dapat menjadikan modal bangsa untuk maju dan berkembang dengan berbagai potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ini. Sebagai negara yang memilki beragam kemajemukan ini menjadikan banyak ruang atau celah yang cukup besar bagi munculnya poteni gerakan antar masyarakat sebagai akibat perbedaan keyakinan dari para mesyarakat seperti yang edang marak aat ini yaitu intoleransi agama dan budaya.

Intoleransi adalah suatu kondisi dimana suatu kelompok seperti masyarakat, kelompok agama, ataupun kelompok non-agama yang secara speifik menolak untuk mentolerani praktik, para penganut atau kepercayaan yang berlandaskan agama. Sikap intoleransi ini terjadi tidak muncul dengan sendirinya pastinya ada beberapa factor yang mempengaruhiya seperti factor social, eknomi, politik, dan juga meningkatnya ujaran kebencian yang terjadi dikalngan masyarakat, kelompok, maupun ras.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline