Lihat ke Halaman Asli

Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Mts Sunan Ampel

Diperbarui: 20 Juli 2023   19:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ayi' Laily Mahfudloh[1], Imam Syafi'i[2]  

[1] Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya

[1] UIN Sunan Ampel Surabaya

d71219063@student.uisby.ac.id

imamsyafii.iwa@gmail.com

 

ABSTRACT

Education is a science that is dynamic and always develops following the pattern of human life. In today's era, there are many problems that need to be solved in the realm of education, starting from the limited skills of teachers, the low motivation of students in learning, the lack of learning materials, and so on. This happens because often teachers do not have sufficient competence in carrying out their duties as educators. In this study, the authors used interviews and documentation studies, to find out management in educational institutions by obtaining information from the principal as well as supervision. The purpose of this research is to find out how the quality of education is based on the concept of teacher teaching by developing the competence of educators. Teachers as resources have a role in determining the level of success of the teaching and learning process. Therefore, teachers must be able to develop competencies, broaden their horizons and deepen their knowledge and skills in improving the quality of student education effectively and efficiently. conducive as a management for the achievement of educational goals. With the development of teacher competence, the quality of improving the quality of student education can be achieved optimally.

Keywords: Teacher competency development, Learning motivation, Improving the quality of education.

ABSTRAK

Pendidikan merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat dinamis dan selalu berkembang mengikuti pola kehidupan manusia. Di zaman sekarang banyak permasalahan yang perlu dipecahkan dalam ranah pendidikan, mulai dari keterampilan guru yang masih terbatas, rendahnya motivasi siswa dalam belajar, bahan belajar yang masih minim, dan lain sebagaiya. Hal tersebut terjadi karena sering kali guru belum memiliki kompetensi yang cukup dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara dan studi dokumentasi, untuk mengetahui manajemen dalam lembaga pedidikan dengan memeproleh informasi dari kepala sekolah sekaligus supervisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas mutu pendidikan berdasarkan konsep pengajaran guru dengan mengembangkan kompetensi pendidik. Guru sebagai sumber daya yang memiliki peran dalam menentukan tingkat keberhasilan proses belajar mengajar. Oleh karena itu guru harus dapat mengembangkan kompetensi, pemperluas wawasan dan memperdalam pengetahuan serta keterampilan dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa secara efektif dan efisien..  Untuk mewujudkan hal tersebut dalam lembaga pendidikan perlu adanya manajemen pengembangan kompetensi guru yang diciptakan dalam lingkungan belajar kreatif, inovatif, dan kondusif sebagai suatu pengelolaan bagi tercapainya tujuan pendidikan. Dengan adanya pegembangan kompetensi guru maka kualitas peningkatan mutu pendidikan siswa dapat tercapai secara optimal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline