Lihat ke Halaman Asli

Ayesha28

mahasiswa

Whatsapp Business: Solusi Efektif untuk Memudahkan UMKM

Diperbarui: 7 Juli 2024   17:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan pemegang peran penting dalam kehidupan bermasyarakat di indonesia. Namun, UMKM juga memiliki tantangan yang cukup besar yaitu mengatur komunikasi dengan pelanggan secara online. Pada era digital ini, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan pelaku bisnis dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu Whatsapp Business

Whatsapp merupakan aplikasi yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain digunakan untuk berkomunikasi, whatsapp telah berkembang dengan memberdayakan platform bisnis berukuran besar untuk melakukan percakapan secara lebih efisien dan berskala besar dengan pelanggan. Whatsapp business merupakan salah satu aplikasi yang digunakan khusus pelaku bisnis atau UMKM untuk meningkatkan efisiensi usaha. Beberapa fitur yang ada di dalam Whatsapp business yaitu business tools, reach more customers, dan messaging tools. 

Adapun beberapa Fitur yang ada dalam WhatsApp Business

i) Fitur katalog. Fungsi fitur ini yaitu memudahkan pengguna menampilkan barang maupun jasa yang ditawarkan. Sehingga, pembeli dapat dengan mudah melihat produk yang dijual. Di sini juga bisa menambahkan keterangan stok dan harga produk. 

ii) Keranjang. Fitur ini Biasa digunakan oleh pelanggan untuk menampung produk yang ingin dibeli. Jadi, pembeli bisa memilih produk dengan mudah dan tersambung di ruang obrolan pelaku bisnis. 

iii) Label. Fungsinya yaitu untuk mengelola chat agar mudah dalam merespon calon pembeli atau konsumen. Fitur ini bisa menkategorikan berbagai pertanyaan dari konsumen lama maupun konsumen baru. 

iv) Profil bisnis. Pada fitur ini, pelaku bisnis dapat mencantumkan informasi tentang usaha yang dijalankan. Misalnya akun sosial media, situs web, email, nomor yang bisa dihubungi, dan link marketplace untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan. 

v) Terakhir yaitu pesan otomatis. Fungsinya memudahkan pengguna dalam membalas pesan dengan pengaturan waktu dan kata-kata khusus. 

Dengan fitur-fitur di atas dapat mempermudah pelaku bisnis untuk melakukan komunikasi dan interaksi dengan pelanggan secara efisien. Tetapi, banyak dari pelaku bisnis yang masih kurang paham tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi bisnis ini agar meningkatkan keefektifitasan bisnis mereka. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat broadcast di aplikasi WhatsApp Business:

1. Buka Aplikasi WhatsApp Business

Langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp Business di ponsel Anda. Pastikan Anda sudah masuk ke akun WhatsApp Business Anda. anda bisa memilih untuk menggunakan nomor lama ataupun nomor baru khusus untuk bisnis anda. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline