Lihat ke Halaman Asli

Aydiraz fadhlurahman

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia 2018

KKN Tematik UPI: Penguatan Psikologi dan Pentingnya Peran Orangtua Siswa dalam Pendampingan Belajar Masa Pandemi

Diperbarui: 22 Juli 2021   16:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

(Aydiraz Fadhlurahman, 2021). Menghadapi situasi pandemi yang tentunya sangat meresahkan ini, harus diberi penguatan dan pengertian bahwa pandemi ini belum selesai dan terlebih baiknya melaksanakan kegiatan secara daring. 

Di masa pjj ini, para orang tua pun juga harus bisa menghadapi dan mendampingi anak dengan segala kemajemukannya dengan tenang dan tunjukkan respon yang baik serta suasana hati yang senang. Jika penuh dengan tekanan pasti akan mengakibatkan ke anak stres dan jika ditarget akan hanya terburu-buru.

Pengasuhan dalam keluarga seharusnya dilakukan dengan tepat sesuai usia perkembangan anak. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat berkembang secara optimal. Ada banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk merangsang perkembangan anak. Salah satunya dengan mengaplikasikan kegiatan yang menyenangkan. 

Misalnya bermain sambil belajar dengan menggunakan media yang menarik. Hal tersebut dapat mendukung perkembangan anak, seperti perkembangan moral spritual, sosial-emosional, sensori motor, kognitif, bahasa, dan seni. Perkembangan tersebut akan berdampak pada peningkatan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif serta kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama.

Orang tua harus menyadari, pencapaian itu memerlukan kerja sama semua pihak yang terlibat dalam proses belajar anak. Orang tua tidak dapat hanya mengandalkan guru di sekolah saja, namun harus menjadi pendamping anak saat belajar di rumah. Perlu dipahami oleh orang tua bahwa sangat penting untuk mendampingi anak belajar di rumah. 

Hal ini karena dalam proses pendampingan tersebut, akan memunculkan keakraban antara orangtua danTematik masih diarahkan pada penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan ekonomi.

Untuk pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan implementasi dari kegiatan KKN. KKN Tematik UPI Cibiru merupakan program yang sudah cukup lama dilaksanakan dan dikembangkan di lingkungan kampus Universitas Pendidikan Indonesia, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik dijadikan sebagai wahana belajar dan pengabdian mahasiwa kepada Masyarakat lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik dijadikan sebagai wahana belajar dan pengabdian mahasiwa kepada Masyarakat.

Pada waktu pertengahan KKN ini, saya menghadiri kegiatan pendampingan belajar bersama guru kelas dan siswa tentunya didampingi oleh orang tua, banyak sekali beragam kegiatan yang dikerjakan oleh siswa-siswi. Termasuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru serta kegiatan tambahan berupa keseharian membantu orang tua. 

Selanjutnya, pada kegiatan sesi parenting bersama guru, orang tua siswa, dan kepala sekolah diskusi tanya jawab seputar kendala pada saat PJJ, karakter atau minat belajar siswa yang kadang naik turun yang disampaikan oleh orang tua siswa pada saat sesi parenting berlangsung.

Selama masa KKN Tematik ini pun tidak lupa diisi dengan berbagai kegiatan yang menunjang inovasi dalam hal pembelajaran, media, serta pendampingan orang tua salam membimbing anak ketika belajar agar suasana tercipta nyaman dan menyenangkan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline