Setelah mempelajari modul 1.1 dan 1.2 secara mandiri, berdiskusi serta mengelaborasikan pemahaman bersama rekan Calon Guru Penggerak (CGP), Pengajar Praktik, Fasilitator maupun Instruktur, dan dengan menggunakan Model Refleksi 4P, yakni: 1) Peristiwa; 2) Pembelajaran; 3) Perasaan; 4) Penerapan, berikut beberapa pembelajaran yang saya dapatkan:
PERISTIWA
Pada Modul 1.1 tentang Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, saya mempelajari konsep pemikiran-pemikiran filosofis KHD dan relevansinya dengan penerapan pendidikan abad ke-21 pada konteks lokal (nilai-nilai luhur sosial budaya), serta bersikap reflektif kritis terhadap pemikiran filosofis KHD dan relevansinya terhadap konteks pendidikan di daerah CGP.
Adapun capaian kompetensi lulusan yang diharapkan setelah CGP mempelajari konsep pemikiran filosofis KHD tersebut adalah CGP memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran dan melalui refleksi diri yang terdokumentasi mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid.
Kemudian pada Modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak, poin penting yang saya pelajari adalah, CGP diajak untuk menggali potensi diri serta bagaimana nilai-nilai dan peran Guru Penggerak mampu menumbuhkan sekolah dan ekosistem pendidikan agar berpihak kepada murid.
Di modul ini saya juga mempelajari beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin di lingkungan sekolah, antara lain: mengembangkan diri dan orang lain; memimpin pembelajaran; memimpin manajemen sekolah; memimpin pengembangan sekolah dan menggerakan diri, rekan sesama guru serta lingkungan masyarakat untuk mewujudkan sekolah yang berpihak pada murid. Adapun capaian kompetensi lulusan yang diharapkan setelah CGP mempelajari nilai-nilai dan peran Guru Penggerak yaitu: Guru Penggerak memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran, mampu mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid serta aktif menetapkan tujuan, membuat rencana dan menentukan cara untuk mencapainya dalam meningkatkan kompetensi dan kematangan dirinya.
Mengenai koneksi antar materi dari modul 1.1 dan modul 1.2 terdapat fakta yang saya dapati, misalnya: Baik pada Modul 1.1 maupun pada Modul 1.2 para CGP belajar bersama, berdiskusi dan mengelaborasikan pemahaman agar mendapatkan pondasi atau pijakan filosofis dari konsep pendidikan serta meluaskan wawasan mengenal nilai-nilai dan peran Guru Penggerak untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid berdasarkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
Materi yang terdapat pada Modul 1.1 dan Modul 1.2 juga memiliki keterkaitan yang sangat erat dan tak terpisahkan misalnya: Pertama, kata kunci dari kedua modul tersebut adalah "murid" dan "pembelajaran", memiliki artian murid sebagai pusat pembelajaran dan tugas utama guru adalah menggali segala potensi yang dimiliki oleh mereka.
Kedua, untuk mewujudkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak yang dijabarkan dalam Modul 1.2, maka seorang Guru Penggerak harus terlebih dahulu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, dimana tujuan pendidikan adalah memerdekakan manusia dan menjadikan manusia selamat dan bahagia, seperti yang dijelaskan pada Modul 1.1.
PERASAAN
Setelah menjalani rangkaian pembelajaran seperti belajar mandiri, berdikusi serta mengelaborasikan pemahaman tentang materi yang terdapat pada modul saya merasa tercerahkan dan termotivasi agar saya memiliki keseluruhan nilai dan mampu menjalankan peran sebagai Guru Penggerak.