Lihat ke Halaman Asli

Ikhwanul Halim

TERVERIFIKASI

Penyair Majenun

Kisah di Balik '2045': Kilas Balik dan Kilas Maju dalam Gaya Shandian (1)

Diperbarui: 20 Agustus 2016   03:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Laurence Sterne | www.bbc.co.uk

Ketika Rumpies The Club (RTC) mengeluarkan tantangan menulis fiksi tentang Indonesia seabad setelah merdeka baru-baru ini, ada beberapa ide yang terpikir untuk dituliskan:

a.Horor komedi. Kandidat judul: 1). Pesta Upacara Zombie, 2). Unjuk Rasa Dedemit Menuntut Remisi

b. Fiksi Ilmiah. Kandidat judul: 1). Nusantara 2045, 2). 2045

Akhirnya Penulis menguatkan tekad untuk menulis fiksi ilmiah dengan judul ‘2045’, karena sesungguhnya ‘Nusantara 2045’ sudah lama Penulis persiapkan sebagai judul novel.

Cerpen 4.500 kata tersebut Penulis bagi menjadi 3 bagian (dari rencana semula 2 saja). Pilihan tersebut tepat adanya, karena Penulis berhasil mengajak pembaca untuk sakit kepala bersama. Penulis kebanjiran pertanyaan (dari dua ratus orang kurang seratus sembilan puluh delapan), diantaranya:

a. Mengapa alur ceritanya kacau balau maju mundur cantik... cantik...?

b. Bagaimana sejarahnya kok US menjadi Great America, Mahardhika kok kawin sama Min-Ji, jangan-jangan terinspirasi Great Britain dan film Independence Day.

Karena ada dua pertanyaan utama (memang hanya dua), maka Penulis akan memaparkan jawaban menjadi tulisan dua bagian. Bagian pertama ini akan mengupas alasan pemilihan gaya penulisan cerpen ‘2045’.

KILAS BALIK DAN KILAS MAJU DIRAMU DALAM GAYA SHANDIAN

Pada awalnya, penulis bermaksud menggunakan gaya reportase seperti pada novel H.G Wells yang berjudul War of The Worlds (1989) atau novel (bukan film) Word War Z (2006) buah karya Max Brooks. Namun akhirnya Penulis menyadari, gaya reportase untuk sebuah kisah yang berlangsung di beberapa bagian belahan dunia takkan cukup ditulis dengan 5000 kata. Lagi pula, gaya naratif jurnalistik cocoknya untuk penuturan secara kronologis, tidak untuk pola flash-back-flash-forward yang ingin Penulis terapkan untuk membangun klimaks dan kejutan dalam plot cerita. Sekadar menghormati ide awal, tokoh reporter gosip bernama Karyn tetap penulis sertakan sebagai pelengkap penderita, meski akhirnya berperan penting pada akhir cerita.

Kilas Balik dan Kilas Maju.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline