Hambatan belajar dan keslutian belajar merujuk pada dua konsep yang berbeda dalam konteks pendidikan. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:
Hambatan belajar:
- Hambatan belajar merujuk pada faktor-faktor eksternal yang menganggu proses belajar siswa, seperti masalah keluarga, kurangnya sumber daya pendidikan, lingkungan yang tidak kondusif, atau masalah kesehatan. Hambatan dapat berasal dari luar siswa dan bersifat eksternal.
- Hambatan belajar bersifat relatif stabil dan mungkin mempengaruhi keseluruhan kemampuan belajar siswa.
- Hambatan belajar dapat mempengaruhi keinginan siswa untuk belajar dan motivasinya untuk berpartisipasi dalam upaya belajar
Kesulitan belajar
- Kesulitan belajar merujuk pada tantangan dan kendala yang dihadapi oleh siswa dalam memahami atau menguasai materi pelajaran tertentu.
- Kesulitan belajar biasanya berkaitan dengan kesulitan mengikuti peraturan, mengembangkan ketrampilan baru, memahami konsep kompleks, merencanakan dan mengorganisasi informasi, atau memecahkan masalah.
- Kesulitan belajar merupakan masalah internal yang terkait dengan kemampuan kognitif dan perkembangan siswa.
- Kesulitan belajar dapat diatasi dengan pendekatan dan strategi belajar yang tepat serta dukungan yang diberikan oleh guru atau orang tua
Penting untuk diingat bahwa hambatan dan kesulitan belajar dapat saling terkait. Misalnya, hambatan belajar eksternal yang secara tidak langsung mempengaruhi akses siswa terhadap sumber daya pendidikan dapat menyebabkan kesulitan belajar yang lebih konkret
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H