Lihat ke Halaman Asli

Inilah cara mengecek Akun Facebook Diretas

Diperbarui: 11 Agustus 2015   21:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Gambar : Kompas.com

 

Para pengguna Facebook kerap kali mendapat penawaran produk electronic, utamanya handphone dan laptop murah dari beberapa sahabat dekatnya. Tentu saja kita merasa heran, karena begitu yakinnya bahwa para sahabat dekat tersebut bukan penjual produk2 tersebut, sehingga bisa dipastikan bahwa akun para sahabat tersebut telah di retas oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk keuntungan pribadi semata.

Info terhangat akun FB seorang kompasianer produktif pak Tjiptadinata Effendi telah diretas oleh orang tak ber tanggung jawab yang meminta ditransfer sejumlah uang seperti ditulis oleh rekan kompasianer Doni Bastian Disini.

Untuk mencegah akun kita di Facebook diretas hacker, ini ada sebuah cara sederhana untuk mengetahui apakah sebuah akun telah diretas atau belum, yaitu :

Kita hanya perlu masuk ke bagian Settings, kemudian pilih Security. Pilihan menu Security terletak dibagian kiri layar, tepat dibawah General atau diatas Privacy. Di menu Security, pilih menu Where You’re Logged In. Dalam menu tersebut terlihat perangkat apa dan dimana saja akun milik anda telah diakses. Bila diketemukan sebuah aktivitas yang mencurigakan, bisa langsung ditekan tombol End All Activity.

Aksi tersebut akan berdampak langsung dimana si peretas otomatis log-out dari akun kita. Langkah selanjutnya adalah dengan mengganti password atau kata sandi untuk mencegah peretas masuk kembali kea kun milik anda.

Berdasarkan pengamatan pribadi semua akun yang diretas selalu menggunakan PP berupa foto jati dirinya, dan untuk mencegah peretasan kita tidak usah mengunduh PP berupa foto pribadi tapi bisa menggunakan lambang atopun gambar lainnnya.

Semoga bermanfaat!! 

Sumber :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline