PEMETAAN DAN ANALISIS KEMAHIRAN
MATA PELAJARAN QUR'AN HADIS
DI SEKOLAH DAN MADRASAH
(Permendikbud No. 24 Tahun 2016 dan KMA No. 165 Tahun 2014)
Awal Aqsha Nugroho dan Muhammad Rizal Baidhowi
Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
2017
Abstrak
Pembelajaran Qur'an Hadis senantiasa dihadapkan pada situasi dan permasalahan yang sangat kompleks. Situasi kompleks yang dimaksud disini adalah adanya berbagai aspek yang menjadi perhatian dalam pembelajaran Qur'an Hadis. Peneliti tertarik untuk merumuskan maharoh/ kemahiran pada mata pelajaran Qur'an Hadis, yang kemudian dipetakan berdasarkanPermendikbud No. 24 Tahun 2016 dan KMA No. 165 Tahun 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah agar pelajaran Qur'an Hadis menjadi terpetakan kemahirannya dan guru dapat mengetahui kemahiran apa saja yang harus dikuasai peserta didik pada setiap jenjangnya. Kemahiran yang harus dikuasai pada mata pelajaran Qur'an Hadis pada semua jenjang sekolah dan madrasah adalah membaca, menulis, menghafalkan, memahami, mendemonstrasikan, mengimplementasikan, mengamalkan, mengaitkan, meyakini, dan menghayati. Kemahiran yang menjadi dasar kemahiran jenjang sekolah baik SD, SMP dan SMA adalah kemahiran membaca dan memahami, karena kemahiran membaca dan memahami ini tersebar konsisten mulai dari SD sampai SMA. Sedangkan kemahiran yang menjadi dasar kemahiran jenjang madrasah baik MI, MTs dan MA adalah kemahiran memahami, mengamalkan dan meyakini, karena kemahiran ini tersebar konsisten mulai dari MI sampai MA. Dengan ini kemahiran yang menjadi dasar sekolah dan madrasah adalah kemahiran memahami.
Kata Kunci:Qur'an Hadis, Kemahiran, Sekolah, Madrasah.