Lihat ke Halaman Asli

Seafood Nggak Mahal kok

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Anda penggemar seafood tapi sering terganggu dengan ketebalan dompet? Tak perlu khawatir, kabar gembira untuk anda sekalian yang doyan seafood. Bagi warga Yogyakarta pasti tidak asing saat mendengar kata pantai Depok. Pantai Depok merupakan pantai di kawasan selatan Yogyakarta, boleh dibilang tetangga pantai Parangtritis, yang tenar dengan seafood-nya.

Pantai Depok tidak begitu jauh dari pusat kota Yogyakarta, dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupaun umum kurang lebih satu jam perjalanan. Rute yang harus ditempuh pun tidak rumit, dari pusat kota cukup menelusuri rute yang sama menuju pantai Parangtritis. Hanya saja, tidak perlu memasuki gerbang pantai Parangtritis, tepat sebelum gerbang tersebut terdapat jalan kecil ke arah barat (belok ke kanan), setelah itu cukup lurus saja dan sampailah di gerbang pantai Depok.

Selamat datang di pantai Depok. Disini kita dimanjakan dengan seafood yang segar, jadi maklum saja jika pantai ini kurang pas untuk wisata keluarga, namun sangat pas sebagai tujuan wisata kuliner, seafood. Tempat ini memberikan hak dan otoritas penuh bagi penggemar seafood untuk berburu sendiri menu yang mereka mau. Tersedia pasar ikan yang letaknya tak jauh dari lapangan parkir, sekitar 100 meter ke arah barat. Di pasar tersebut dijual berbagai macam ikan serta hasil tangkapan nelayan lainnya yang tentunya masih segar. Pilihannya pun beragam, ada ikan cakalang, kakap merah, hiu, udang, lobster, cumi, kerang, bahkan gurita. Harga cukup terjangkau, antara penjual yang satu dengan lain pun sama. Ikan Cakalang dibanderol Rp 14.000 /kg sedangkan cumi dibanderol Rp 30.000 hingga Rp 40.000 /kg. Jika ingin merasakan nuansa belanja yang berbeda, anda bisa membeli langsung dari nelayan yang baru saja berlabuh. Jika membeli langsung dari nelayan harganya pun lebih miring, namun transaksinya lebih crowded sebab tak sedikit pengunjung yang belanja langsung dari nelayan. Tentu saja masing-masing ada kekurangan dan kelebihan bukan?

Sudah puas belanja? Jika sudah, belanjaan boleh dibawa pulang kemudian diolah sendiri atau diserahkan pada warung makan yang ada. Jika anda ingin lebih lama menikmati waktu dengan keluarga tak ada salahnya jika belanjaan diserahkan pada warung makan untuk diolah. Pilihan olahan pun cukup beragam, ada bumbu kecap, bumbu pedas, bumbu kuning, dibakar dan digoreng. Biayanya tidak begitu mahal, tergantung seberapa banyak belanjaan dan ragam menu yang dipilih. Sebaiknya pilih warung makan yang ada di bibir pantai, sebab sembari menunggu hidangan masak anda dapat bercengkerama dengan keluarga sambil menikmati angin pantai dan mendengar deburan ombak.

Jadi, apakah anda penggemar seafood? Ingin nuansa yang berbeda untuk menikmati seafood? Bukan pilihan yang keliru untuk mencoba wisata kuliner laut di pantai Depok. Selamat mencoba.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline