Lihat ke Halaman Asli

Awista Dwiana

Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan BK KKN-PPM Unisri Beri Layanan Bimbingan Klasikal Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Padarangin, Wonogiri

Diperbarui: 7 Agustus 2024   23:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Siswa SD Negeri 2 Padarangin (Dokumentasi Pribadi)

Mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan program kerja individu Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Dengan memberikan layanan bimbingan klasikal dengan media lingkaran emosi pada anak sekolah dasar di desa Padarangin, Slogohimo, Wonogiri.

Pada hari Rabu 31 Juli 2024, seorang mahasiswa bernama Awista Dwiana dari program studi Bimbingan Konseling Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di kabupaten Wonogiri terutama di kecamatan Slogohimo memberikan layanan kepada para siswa sekolah dasar di desa Padarangin. Sekolah dasar yang dituju yaitu di SD Negeri 2 Padarangin dan SD Negeri 3 Padarangin dengan subjek siswa kelas 4, 5, dan 6. Layanan tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi emosi siswa kelas 4, 5, dan 6 di SD Negeri 2 Padarangin dan SD Negeri 3 Padarangin, serta memperkenalkan dan membantu siswa dalam mengelola emosi yang ada pada dirinya.

Penyampaian Materi (dokumentasi pribadi)

Media yang digunakan dalam layanan bimbingan klasikal yang dilakukan adalah mengguankan lingkaran emosi. Lingkaran emosi merupakan sebuah media yang berisi beberapa gambar yang menunjukan perasaan atau emosi yang dirasakan oleh manusia. Tujuan dari peggunaan media tersebut yiatu agar siswa dapat memahami dan mengenali secara lebih mendalam mengenai perasaan yang mereka rasakan, sehingga siswa tersebut dapat mengelola emosi yang mereka rasakan dengan baik.

Media yang digunakan dalam layanan (dokumentasi pribadi)

Layanan dilakukan dengan terlebih dahulu menjelaskan mengenai beragam emosi yang ada pada poster, setelahnya siswa di beri kesempatan untuk menuliskan apa yang sedang mereka rasakan pada selembar kertas lalu mereka dapat menempelkan kertas tersebut pada bagian emosi yang sesuai dengan yang mereka rasakan. Setelahnya para siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan perasaan mereka secara lebih dalam.

siswa mnempelkan dan mengungkapkan perasaan yang sedang mereka rasakan (dokumentasi pribadi)

Kegiatan layanan bimbingan klasikal dengan media lingkaran emosi ini dapat diterima dengan baik oleh para siswa. Dengan adanya kegiatan ini memberian dampak baik kepada para siswa khususnya pada pengolahan emosi seperti merasa senang dan terbantu dengan adanya kegiatan ini.

Layanan ini dapat membantu siswa dalam mengungkapkan perasaan yang sedang mereka rasakan juga dapat membantu guru dalam memahami perasaan para siswanya. Layanan ini dapat menjadi contoh bagi guru-guru lain untuk dapat memahami perasaan siswanya dengan lebih mudah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline