Lihat ke Halaman Asli

Surga Tersembunyi di Dalam Hutan Temanggung

Diperbarui: 20 Juni 2020   16:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: sanjayatour.com

Temanggung terletak di antara pertengahan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Temanggung juga sangat kaya akan potensi wisata alam. Salah satunya adalah Curug Merak.

Curug Merak terletak di Dusun Dawe, Desa Sidoharjo, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung.

Curug Merak ini sangat indah, bisa juga memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari dan menarik untuk dikunjungi. Sangat sayang jika orang asli Temanggung tidak mengunjungi wisata Curug Merak di Temanggung, Jawa Tengah karena memiliki keindahan alam yang tiada duanya.   

Pemandangan Curug Merak sangat memanjakan mata karena curug tersebut membelah kawasan hutan di wilayah curug tersebut. Ditambah dengan kondisi mata air curug tersebut yang masih sangat jernih dan segar, destinasi ini juga masih terjaga keasriannya. Kondisi air yang sangat jernih dan alami membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di curug.  Lokasi Curug Merak ini masih tersembunyi dan belum banyak dikunjungi masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Penduduk asli derah wisata Curug Merak sangat ramah terhadap wisatawan yang berkunjung.  

Untuk menuju Curug Merak, harus menempuh jalur dengan berjalan kaki sejauh 500 meter melalui jalan setapak dengan medan jalan turun. Jika mengandarai sepeda motor maka harus dititipkan ke rumah rumah warga yang ada di dusun tersebut. Jalan yang dilalui juga tidak mudah.

Sesaimpainya di curug, perjalanan jauh tersebut akan terbayarkan oleh jernihnya air yang dilengkapi dengan gemercik air yang membuat rasa lelah seketika hilang.

Sejauh ini, Curug Merak memang belum memiliki fasilitas yang cukup memadai. Pengolahannya pun masih dilakukan secara swadaya oleh para pemuda yang berada di desa sekitar. Karena hal itu, pengunjung tidak akan ditarik tiket satu rupiah pun.

Potensi untuk terus berkembang di Curug Merak masih sangat terbuka. Hanya saja masih butuh perhatian dari berbagai pihak. Terkait dengan itu, potensi yang bisa dikembangkan di Curug Merak tersebut yaitu, :

  • Untuk Bercamping
    • Disekitar curug tersebut terdapat hutan yang bisa dikembangkan untuk camping oleh sejumlah wisatawan.  Tempat tersebut sangat cocok untuk camping karena suasananya yang asri dan nyaman.
  • Untuk Tubing
    • Aliran air di Curug Merak cukup deras dan cocok sekali untuk dijadikan tubing.  
  • Untuk Out Bond
    • Hutan di sekitar Curug Merak juga dapat dikelola untuk outbond oleh para pengunjung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline