Lihat ke Halaman Asli

Antusias hingga Berebut Laptop Santri TPQ Darussalam Peserta Bimbel Komputer di Desa Donomulyo Kabupaten Malang

Diperbarui: 24 Juli 2022   13:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Peserta Bimbel Komputer (Dokpri)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) di Desa Donomulyo, Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang  telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Belajar (Bimbel) Komputer bagi   santri di Taman Pendidikan Quran (TPQ)  Darussalam Dusun Mulyosari, Desa Donomulyo. Kegiatan Bimbel ini berlangsung mulai tanggal 29 Juni sampai 14 Juni 2022 setiap hari Rabu, Kamis dan Jumat pukul 09.00 sd 10.00

Bimbel komputer adalah salah satu program kerja mahasiswa KKN UM yang bertujuan mengenalkan teknologi komputer, khususnya ms. office pada anak – anak sejak dini.Kegiatan ini juga untuk mendukung salah satu visi desa Donomulyo yaitu desa religi.

Kegiatan bimbel komputer dapat memperluas wawasan anak – anak tentang teknologi komputer dan belajar cara mengoperasikan komputer. Sehingga melalui kegiatan ini, ilmu yang telah didapatkan bisa digunakan untuk meningkatkan prestasi di sekolah.

Satuan tugas KKN UM Donomulyo terdiri dari ketua program kerja bimbel komputer yaitu Awani Fernia Octra Salsabila dan dibantu oleh Novita Nur Azizah, Irene Dhea, Jihan Fadhillah, Shinta Devi, Fernando Diotara, Ajie Kharisna, M. Ridhan A, Oktama Yulis A, Mohammad Riza dan Eko Prayoga dengan sabar membimbing para santri belajar komputer. Kegiatan bimbel komputer ini diawali dengan berdoa bersama, mengisi presensi, pemaparan materi teori pengenalan komputer, membagi kelompok, dilanjutkan dengan praktik komputer sesuai dengan kelompok yang telah dibagi dan pada akhir pertemuan para santri dapat membuat cerita bergambar di ms. Powerpoint.

Awani Fernia menjelaskan bahwa dalam mengoperasikan komputer itu mudah asal ada kemauan dan usaha untuk mempelajari komputer lebih dalam, karena keterampilan dalam mengoperasikan komputer ini sangat dibutuhkan baik di masa ini ataupun di masa yang akan datang. Jangan takut untuk mencoba ketika belajar komputer, harus berani untuk melakukan praktik dan jangan khawatir untuk melakukan kesalahan teknis. Kalau mempelajari dan memperhatikan buku panduan dengan tepat, maka dalam mengoperasikan komputer tidak akan sulit dan terasa lebih menyenangkan.

Santri Ketika Praktik Komputer (Dokpri)

Respon yang diberikan pun bermacam – macam. Ketika praktik software ms. Powerpoint anak – anak sangat antusias sampai berebut laptop.

“Bimbel komputer seru banget! belajar komputer sangat gampang,Aku jadi bisa buat cerita bergambar yang bergerak” ucap Aisyah salah satu peserta bimbel komputer. Tidak hanya respon positif dari anak – anak saja, walimurid pun memberikan respon baik dari adanya kegiatan ini. “Terima kasih buat kakak–kakak yang telah mengajari komputer. Dengan adanya bimbel ini anak - anak dapat mengisi waktu liburan dengan hal yang bermanfaat dan mendapat ilmu baru” ujar Ibu Sri, salah satu walimurid peserta bimbel komputer.

Ustadz Fajar pengasuhTPQ Darussalam berharap program bimbel ini bisa dilanjutkan oleh pihak TPQ Darussalam dan  berterimakasih kepada mahasiswa KKN UM Donomulyo yang telah melaksanakan bimbel komputer ini serta mendoakan ilmu yang diberikan dapat  bermanfaat bagi para santri.

Di pertemuan terakhir, kegiatan bimbel komputer ini menghasilkan tiga cerita bergambar yang dapat diakses pada link berikut: https://youtu.be/VAAFiQNvtrE




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline