Lihat ke Halaman Asli

Memahami Diri dan Menggali Potensi Diri dengan MBTI

Diperbarui: 9 Oktober 2023   06:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Awang Setiawan

NIM : 46119010169

Mata kuliah : Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB

Dosen : Prof.Dr.Apollo,Ak.,M.Si.

Program Studi Psikologi

1. Mengenal diri sendiri

Pengertian diri sendiri adalah siapa jati diri sendiri dan dapat di definisikan menggunakan kata-kata sendiri. Oscar Wilde pernah mengatakan Jadilah diri sendiri, diri orang lain sudah diambil. Sedikit terdengar lucu, tapi hal ini benar. Adapun, tidak bisa mengetahui diri sendiri jika tidak mengenal, mengerti, dan menerima siapa diri sendiri. Menjadi diri sendiri diperlukan memahami norma-norma yang di yakini dan dipikirkan hal-hal yang mebuat bagian inti diri sendiri. merupakan bagian dari suatu proses, pilihlah juga hidup dengan pilihan diri sendiri. 

Coba untuk memikirkan hal-hal yang akan dan tidak ingin dilakukan, dan sikapi sesuai dengan tata tertib. Belajar dari kesalahan yang terjadi akan membantu lebih dari yang mungkin telah diperkirakan sebelum kejadian. Keinginan akan "diri sendiri" adalah kalimat yang cukuo sering didengar atau bahkan diucapkan karena merasa hal yang individu lakukan sangat tidak nyaman, tetapi apakah sebenarnya arti dari kalimat ini?, kalimat ini mempunyai arti ialah penjabaran tentang opini yang bisa membuka perbandingan diri tentang makna dari kalimat tersebut. 

Diri sendiri merupakan arti alamiah dan konseptual tentang dari konsep diri. James F. Calhoun (1995) menyebutkan pengertian konsep diri adalah gambaran mental individu yang terdiri dari pengetahuan tentang dirinya sendiri, pengharapan diri,dan penilaian terhadap diri sendiri. 

Menurut Stuart & Sundeen (2005) pengertian konsep diri adalah semua pikiran, keyakinan, dan kepercayaan yang merupakan pengetahuan individu tentang dirinya sendiri dan mempengaruhi hubungannya dengan orang lain. Keliat (2005) mendefinisikan sebagai konsep diri adalah cara individu memandang dirinya secara utuh, fisikal, emosional, intelektual, sosial dan spiritual. 

Sementara menurut Potter dan Perry (2005) bahwa pengertian konsep diri adalah citra subjektif dari diri dan pencampuran yang kompleks dari perasaan, sikap dan persepsi bawah sadar maupun sadar. Konsep diri memberi individu. Menurut Burns dalam Pudjijogyanti (1993:2) pengertian konsep diri adalah hubungan antara sikap dan keyakinan tentang diri sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline