Lihat ke Halaman Asli

Koneksi Antar Materi Modul 3.3

Diperbarui: 17 Oktober 2021   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengelolaan Program yang Berpihak Pada Murid

Oleh : AWALUDIN, S.Pd

Hal-hal menarik yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan bagaimana benang merah yang bisa Anda tarik dari keterkaitan antarmateri yang diberikan dalam modul 3.3?

1. Program yang dibuat dari pemetaaan asset yang telah dilakukan

2. Pembuatan Program yang langkah penerapan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarakan Rencan dan Atur Eksekusi)

3. Pengelolaan Program dengan Manajemen MELR (monitoring, evaluation, learning dan reporting)

4. Pengelolaan Program dengan Manajemen Resiko (Resiko strategis, Resiko finansial, Resiko Operasional, Resiko Pemenuhan dan Resiko reputasi)

Benang merah yang dapat ditarik

Dalam merencanakan program yang berpihak kepada murid hendaknya melihat potensi yang ada pada murid sebagai kekuatan dengan menggunakan pemetaan, model dan strategi yang tepat.

Apakah kaitan antara pemetaan sumber daya dengan perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid?

Berdasarkan filosofi Ki Hajar Dewantara seorang guru dianalogikan bagai seorang petani dan murid dianalogikan sebagai tanaman, dimana setiap tanaman mempunyai cara perlakukan yang berbeda, sehingga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, dalam implemntasinya untuk menghargai setiap perbedaan kodrat yang dimiliki peserta didik, maka diterpakan pembelajaran berdiferensiasi dimana pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, Kompetensi Sosial Emosional dan Pembiasaan Budaya Positif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline