Lihat ke Halaman Asli

Awaluddin aceh

Guru Sejarah di SMAN 1 Kluet Timur

Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan, dari Meningkatkan Imunitas hingga Melawan Kanker

Diperbarui: 24 Agustus 2024   07:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bawang Putih (sumber gambar: https://umsu.ac.id)

Bawang putih telah lama dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang tidak hanya memberikan cita rasa khas pada masakan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam sejarah, bawang putih telah digunakan dalam berbagai budaya sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat dari bawang putih, diantaranya:

1. Mengandung Senyawa Aktif dengan Efek Biologis yang Kuat

Salah satu komponen utama bawang putih yang memberikan banyak manfaat kesehatan adalah allicin, senyawa sulfur yang dilepaskan ketika bawang putih dihancurkan, dicincang, atau dikunyah. Allicin diketahui memiliki sifat antimikroba, antijamur, antivirus, dan antioksidan. Selain allicin, bawang putih juga mengandung vitamin C, vitamin B6, dan mangan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, yang membuatnya berguna dalam mencegah dan melawan penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih secara rutin dapat mengurangi frekuensi dan durasi pilek serta infeksi lainnya. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih memiliki risiko 63% lebih rendah terkena flu dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi bawang putih.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen bawang putih memiliki efek signifikan dalam menurunkan tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kashani et al. (2013), ditemukan bahwa dosis tinggi bawang putih (600-1.500 mg ekstrak bawang putih tua) dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 10-12 mmHg. Efek ini disebabkan oleh kemampuan bawang putih dalam merelaksasi pembuluh darah dan meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu dalam pelebaran pembuluh darah.

4. Menurunkan Kolesterol dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kadar kolesterol yang tinggi, khususnya kolesterol LDL (low-density lipoprotein), dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Bawang putih telah terbukti memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL tanpa mempengaruhi kolesterol HDL (high-density lipoprotein), yang dikenal sebagai kolesterol baik. Dalam sebuah meta-analisis yang dipublikasikan di Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics, ditemukan bahwa suplemen bawang putih secara signifikan dapat menurunkan kolesterol total dan LDL. Konsumsi bawang putih secara teratur juga dapat mencegah aterosklerosis, yaitu penumpukan plak pada dinding arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

5. Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Penyakit Neurodegeneratif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline