Lihat ke Halaman Asli

awalpermata

Full Time Blogger

Majukan Ekonomi Kreatif Indonesia Melalui Peran Konten Kreator

Diperbarui: 25 Juli 2023   19:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber photo dokumen JNE

Pada era digital saat ini, merupakan masa dimana hampir semua bidang telah dimudahkan dengan adanya teknologi dan juga internet. Era digital adalah sebuah masa atau zaman dimana hampir seluruh bidang dalam tatanan kehidupan sudah dibantu dengan teknologi digital. 

Perkembangan era digital yang semakin pesat juga akhirnya berbanding lurus dengan penggunaan media sosial yang semakin pesat, dan menjadikan negara kita sebagai salah satu pengguna media sosial terbanyak.

Menjadi Seorang Konten Kreator

Penggunaan media sosial masa kini sangat mempengaruhi peran content creator di industri kreatif. Content creator menggunakan media sosial sebagai wadah untuk berkarya dan juga promosi (endorse). Keunggulan dari menggunakan media sosial adalah kemampuannya yang dapat dengan cepat tersebar luas ke masyarakat atau yang dikenal sebagai viral dan juga harga promosi nya yang lebih murah dibandingkan dengan melakukan promosi tradisional.

Melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Tiktok, dan lain sebagainya, content creator dapat memperlihatkan personal branding pada wadah yang sesuai dengan keahlian dan minat yang dimiliki oleh content creator tersebut. Seorang content creator harus menyesuaikan karyanya dengan wadah yang mereka minati dan agar sesuai dengan target.

Keuntungan Menjadi Konten Kreator

Keuntungan yang didapatkan dari media sosial menguntungkan semua pihak, baik dari content creator, dari brand, dan juga masyarakat. Seorang content creator mendapatkan jumlah like, followers, dan keuntungan dari brand. Masyarakat mendapatkan barang yang berguna untuk kehidupannya. Brand mendapatkan keuntungan penjualan yang dibeli oleh masyarakat.

Ada banyak brand yang tertarik untuk menggunakan jasa content creator untuk melakukan promosi. 

Perannya sendiri dalam hal menciptakan konten menarik tentang produk yang akan diiklankan. Namun tak hanya itu konten yang mereka buat juga harus kreatif dan bermanfaat bagi para pengikutnya.

Seorang konten kreator kini tidak harus public figure atau selebritis yang sudah terkenal. Namun mereka yang menjadi terkenal karena keterampilan dan kreativitasnya dalam menciptakan sebuah konten sudah bisa menjadi seorang content creator.

JNE Content Competition 2023

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline